Pertemuan III: Zat Padat, Cair, dan Gas
a. Materi Untuk GuruPertemuan III dimaksudkan agar peserta didik dapat mengamati dan memahami perbedaan zat padat, cair, dan gas. Ketika mengumpulkan sekelompok benda berdasarkan sifatnya maka langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.
• Mengamati karakteristik dari benda tersebut.
• Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing-masing.
• Mengklasifikasikan benda yang memiliki persamaan sifat.
• Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Para ilmuwan mengklasifikasikan materi agar lebih mudah dipelajari dan disusun sistematis. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang. Materi berdasarkan wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam, seperti besi, emas, dan seng. Beberapa jenis larutan merupakan contoh wujud cair. Contoh zat berwujud gas adalah hidrogen, oksigen, dan nitrogen. Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan, karena itu peserta didik dilarang untuk merokok. Merokok selain berbahaya bagi si perokok, juga berbahaya bagi orang lain yang berada di sekitar perokok, karena asap rokok akan terhisap oleh orang lain sebagai perokok pasif.
Contoh wujud zat yang sederhana dan mudah dipahami peserta didik adalah air. Ketika dalam bentuk bongkahan es, maka es tersebut dalam wujud padat. Tetapi ketika es tersebut dipanaskan akan berubah kembali menjadi air, maka air tersebut dalam wujud cair. Ketika air dipanaskan
pada suhu 100°C akan berubah menjadi uap air, maka uap air dalam wujud gas.
b) Pembelajaran1) Tujuan Esensial
a) Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap berbagai materi dalam bentuk padat, cair, dan gas.
b) Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat padat.
c) Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat cair.
d) Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri zat gas.
e) Peserta didik dapat menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas.
2) Kegiatan Pembelajarana) Pendahuluan
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik bagilah mereka dalam beberapa kelompok dan diminta untuk melakukan pengamatan terhadap berbagai contoh benda sehari-hari
dalam bentuk zat padat, cair, dan gas.
b) Inti• Peserta didik mengomunikasikan hasil pengamatan sifat zat padat, cair, dan gas.
• Guru mendiskusikan hasil pengamatan sifat zat padat, cair, dan gas.
• Guru menjelaskan perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas.
c) PenutupGuru bersama dengan peserta didik menyimpulkan perbedaan zat padat, cair, dan gas.