Subtema 1:
Makananku Sehat dan Bergizi
Tujuan Pembelajaran
- Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di semester 1, siswa mampu mengenal jenis makanan yang sesuai dengan gizi seimbang beserta asal wilayahnya dengan benar.
- Setelah membaca tabel tentang makanan dan wilayah penghasilnya, siswa mampu menjawab pertanyaan tentang lingkungan geografis yang berpengaruh terhadap pekerjaan manusia dengan benar.
- Setelah membaca teks, siswa mampu menemukan informasi tentang pengolahan sumber daya alam dan teknologi yang digunakan dengan benar Setelah membaca bagan, siswa mampu menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan serta sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat dengan benar.
- Setelah mengamati gambar tentang pengolahan sumber daya alam dan teknologi yang digunakan, siswa mampu menceritakan kembali laporan tersebut secara tulisan dan lisan dengan menggunakan kosakata baku dengan benar.
Media dan Alat yang Dibutuhkan: berbagai jenis makanan, seperti beras, tempe,
sayuran, buah, dan susu sebagai kegiatan pembuka
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
- Siswa mengingat kembali informasi tentang gizi seimbang yang telah dipelajari di semester 1.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan.
- Gizi seimbang adalah asupan gizi sesuai proporsi dan kebutuhan gizi seseorang untuk mencegah risiko gizi lebih dan gizi kuran
- Guru dapat mengajak siswa untuk membuat pertanyaan yang berkaitan dengan gizi seimbang.
- Guru meminta beberapa siswa untuk menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang mereka buat, kemudian didiskusikan bersama
- Siswa membaca informasi tentang ikan bilih
- Guru meminta siswa membaca informasi tersebut dengan membaca senyap atau membaca lancar.
- Guru meminta siswa menggarisbawahi katakata yang menurut mereka sulit.
- Guru mengajak siswa berdiskusi tentang makna kata-kata sulit tersebut.
- Guru juga mengajak siswa menyampaikan pendapat mereka tentang teks tersebut dan meminta siswa lain untuk memberikan komentar atau tanggapan tentang jawaban teman.
Siswa berkelompok; 1 kelompok terdiri atas 3 siswa.
- Siswa berdiskusi tentang bagaimana suatu jenis makanan dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Siswa melihat contoh yang telah tersedia
- Siswa melihat bagan proses membuat tempe dan menjawab pertanyaanpertanyaannya.
- Siswa mempraktikkan cara membuat tempe.
- Berdasarkan informasi sebelumnya, siswa membuat sebuah laporan tulisan tentang pemanfaatan sumber daya alam, misalnya tentang kacang kedelai atau sapi, yang di dalamnya terdapat hal-hal berikut:
• Asal produk
• Cara mengolahnya
• Teknologi yang digunakan
• Manfaat bagi masyarakat
Guru meminta siswa untuk menggunakan kosakata baku ketika menulis
laporan. Kamus Bahasa Indonesia akan sangat berguna dalam kegiatanini
- Guru berkeliling melihat proses siswa mengerjakan.
- Guru mengingatkan siswa untuk menulis dengan rapi. Siswa menyampaikan laporannya tadi secara lisan kepada seorang temannya dengan pengucapan yang jelas dan penuh percaya diri.
- Setiap siswa memberikan komentar tertulis tentang pasangannya di dalam buk pasangannya tersebut.