Mengenal Tari Daerah
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mendengarkan cerita guru tentang macammacam tarian tradisional, siswa mampu menceritakan kembali isi teks cerita dengan benar.
• Dengan menirukan guru, siswa mampu mempraktikkan gerakan tari daerah yang dipelajari dengan lancar dan percaya diri.
Media dan Alat Pembelajaran:
Buku Siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan guru membaca teks di buku.
2. Guru mengenalkan beberapa tarian daerah yang ada di buku siswa.
3. Guru bertanya kepada siswa, “Siapa yang suka menari?”,
“Tarian apa yang kamu bisa?”, “Coba peragakan salah satu gerakan tarian yang kalian bisa!”
4. Guru mengajarkan tarian tradisional setempat dengan gerakan-gerakan sederhana
5. Gerakan diajarkan bertahap agar memudahkan siswa dalam melakukan gerakan tari tersebut.
6. Lakukan berulang-ulang sehingga siswa dapat melakukan gerakan-gerakan tari yang dipelajari.
Mewarnai Gambar
Tujuan Pembelajaran:
• Setelah memperhatikan gambar, siswa mampu mewarnai gambar dengan rapi.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Krayon, pensil warna
• Gambar tarian daerah (ada pada buku siswa)
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru meminta siswa membuka buku pelajarannya.
2. Siswa memperhatikan gambar yang ditunjukkan guru.
3. Siswa diminta untuk memperhatikan gambar penari Tari Saman.
4. Guru menyampaikan, bahwa alangkah indahnya jika gambar penari itu diberi warna yang serasi.
5. Siswa diminta mewarnai gambar tersebut.