Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan bermain kartu kata, siswa mampu membedakan kata yang lebih panjang dan kata yang lebih pendek dengan tepat.
• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu mengelompokkan kata sesuai tabel kategori yang ditentukan dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku/majalah/koran.
• Buku siswa.
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang perbandingan panjang pendek kata berdasarkan
banyaknya suku kata.
2. Siswa masih dalam kelompok dan buku bacaan yang sama seperti kegiatan 1.
3. Siswa menyalin kata-kata yang ditemuinya pada buku siswa.
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai kegiatan yang harus
dilakukan siswa, yaitu sebagai berikut.
−− Amatilah buku/majalah/koran yang ada di hadapan siswa.
−− Carilah kata-kata pendek (jumlah suku kata 1–2, lalu tuliskan di tabel bagian kata-kata pendek).
−− Lalu, carilah juga kata-kata panjang yang jumlah suku katanya di atas 3 dan
tuliskan pada tabel bagian kata-kata panjang.
−− Siswa mencari kata secara bergantian.
−− Siswa menyalin temuan anggota kelompoknya di buku masing-masing.
5. Guru bertanya kelompok mana yang berhasil mengumpulkan kata pendek dan
panjang masing-masing lebih dari 6 kata.
6. Untuk menegaskan pemahaman tentang kata yang lebih pendek dan yang lebih
panjang, guru bertanya mengenai cara siswa menyimpulkan sebuah kata termasuk
yang pendek atau panjang.
7. Masing-masing kelompok membaca hasil pengamatannya.