Fokus Pembelajaran: IPA
Tujuan Pembelajaran:• Dengan percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui
tulisan tentang manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir
air dan kincir angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.
• Setelah percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan
laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan
kosa kata baku dengan benar.
• Dengan kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan
keterampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis
secara mandiri.
Kegiatan BelajarEnergi Angin dan Energi Air
• Sebagai kegiatan pembuka, siswa mengamati gambar kincir yang ada pada buku.
Untuk membuat kegiatan pembuka ini semakin menarik, guru dianjurkan untuk membawa sebuah
kincir kertas dan kincir plastik. Minta siswa untuk mengamati dua kincir tersebut.
Siswa membuat perkiraan tentang kincir angin:
a. Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b. Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c. Bentuk energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan seharihari? (untuk bermain, sebagai benda perantara yang merubah sumber energi angin menjadi bentuk energi gerak pada baling-baling, dan mengakibatkan pompa bergerak memompa air)
• Siswa menjawab rumusan masalah tersebut dengan cara diskusi berpasangan
bersama teman sebangku untuk menemukan jawabannya. Kegiatan ini untuk melatih
keterampilan sains siswa dalam membuat “Hipotesa” (dugaan sementara) dari rumusan masalah.
• Siswa membuat kincir air dan kincir air plastik sesuai instruksi pada buku.
Guru berkeliling memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan dan memberikan bantuan kepada siswa yang menemui kesulitan.
Siswa keluar kelas dan melakukan percobaan menggunakan kincir tersebut
• Siswa menggerakan kincir angin dengan membawanya berlari atau ditiup.
• Siswa menggerakkan kincir air dengan cara mengucurkan air dari atas kincir, pastikan air jatuh
tepat di atas baling-baling.
• Siswa mengamati proses percobaan hingga kincir bergerak berputar.
• Siswa mencocokkan jawaban sementara mereka di awal pembelajaran dengan hasil percobaan.
• Siswa menuliskan hasil percobaan seperti yang tertera pada buku.
• Siswa mengomunikasikan proses pembuatan kincir kepada teman sebangkunya.
Kesimpulan yang diharapkan :
Angin dan air merupakan salah satu sumber energi yang membuat kincir berputar
• Siswa diberi kesempatan untuk memasang kincir mereka di halaman sekolah dan mengamati saat
kapan kincir tersebut berputar.
• Siswa membaca artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin untuk menambah informasi.