Belajar Berterima Kasih
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mendengarkan cerita, siswa mampu menjelaskan sikap tertib dan patuh pada aturan dengan santun
• Dengan mempraktikkan dan bernyanyi siswa mampu mengucapkan terima kasih
dengan santun
• Setelah memperhatikan contoh dari guru, siswa mampu menyanyikan lagu “Terima Kasih Guruku” dengan berani dan benar
Media dan Alat Pembelajaran:
Buku siswa
1.Siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek yang ada di buku siswa.
2. Siswa menanyakan sikap-sikap apa yang diperlukan saat bermain bulu tangkis bersama (seperti yang ada pada teks).
3. Siswa mendiskusikan jawaban-jawabannya dengan didampingi guru.
4. Siswa mendengarkan penjelasan tentang pentingnya menaati peraturan, menjaga sopan santun, dan menghormati orang lain. Salah satunya dengan cara berterima kasih. Terima kasih bisa diungkapkan kepada manusia dan Tuhan. Terima kasih untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas anugerah yang diberikannya
kepada kita.
5. Guru menjelaskan saat yang tepat untuk mengucapkan terima kasih diantaranya yaitu sebagai berikut.
−− Saat orang lain telah membantu.
−− Saat orang lain mengucapkan selamat atas prestas yang telah kita capai.
−− Saat orang lain memuji kita, dsb (intinya saat orang lain berbuat baik pada kita).
6. Siswa diminta untuk berpasangan.
7. Guru memberikan contoh situasi kepada siswa, misalnya salah satu siswa membantu saat siswa lain jatuh dari sepeda.
8. Siswa mendengarkan penjelasan cara mempraktikkan berterima kasih.
9. Siswa berpasangan untuk bermain peran.
10. Siswa pertama membantu sesuatu/memberikan pujian/kebaikan lainnya. Siswa kedua mengucapkan terima kasih.
11. Kegiatan selanjutnya bertukar peran, siswa kedua melakukan sesuatu untuk siswa
pertama, siswa pertama mengucapkan terima kasih.
12. Kegiatan dilakukan beberapa kali dengan pasangan yang berbeda-beda.
13. Siswa diajak menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku.
14. Selanjutnya siswa diminta mengamati gambar yang ada pada buku siswa dan diminta untuk memilih gambar yang menunjukkan sikap baik.