Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan kegiatan diskusi siswa mampu menceritakan pentingnya sikap tertib dengan benar.
• Dengan menunjukan gambar siswa mampu membedakan mana sikap tertib dan yang tidak tertib dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran.
2. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang kesukaan bermain bola.
3. Siswa mendengarkan cerita guru tentang anak yang tertib setelah berolahraga (lihat cerita di buku siswa).
4. Siswa melakukan diskusi tentang pentingnya bersikap tertib dengan arahan guru.
5. Siswa belajar mengemukakan pendapatnya dalam diskusi.
6. Siswa belajar mengemukakan pendapatnya dengan percaya diri.
7. Selesai berdiskusi siswa di minta menyelesaikan lembar kerja di buku siswa.
Membaca Nama Alat Olahraga dan Melengkapi Pola
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan menyusun kata-kata dan gambar siswa mampu membaca nama-nama alat olahraga yang dipelajari dengan benar.
• Setelah membaca siswa mampu memasang gambar alat olahraga dan namanya dengan benar.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku siswa
• Kartu gambar alat olahraga yang dilengkapi gambarnya
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru menyiapkan kartu gambar alat-alat olahraga dan memperkenalkan nama-namanya secara tertulis.
2. Siswa diminta membaca nama-nama alat olahraga dengan bimbingan guru.
3. Siswa diminta memasang nama-nama alat olahraga tersebut sesuai dengan gambarnya.
4. Guru membuat pola dengan menggunakan gambargambar alat olahraga dengan bentuk pola tertentu, misalnya gambar bola besar, bola kecil, kok, bola besar, bola kecil, kok, dan bola besar.
5. Siswa diminta mengamati pola tersebut.
6. Siswa diminta mengungkapkan apa yang diperolehnya dari pengamatan.
7. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pola gambar alat-alat olahraga.
8. Siswa diminta menebak gambar yang tepat untuk melengkapi pola.
9. Siswa memperhatikan contoh pola yang diberikan guru, lalu mencoba membuat polanya sendiri.
10. Siswa menggambarkan polanya dengan membiarkan salah satunya kosong. Siswa lain akan menebak gambar pada pola yang kosong.
11. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.