Fokus Pembelajaran: IPA,
Tujuan Pembelajaran• Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat bendabenda elektronik.
• Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber
energi listrik bagi kehidupan manusia.
• Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa
konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam
operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.
• Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan
dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk
energi listrik dengan benar.
• Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu
menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan bendabenda
elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.
Tahukah KamuEnergi Listrik
Di awal pembelajaran, siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada. Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa di papan tulis)
a. Mengapa lampu itu bisa menyala dan padam? (karena ada tombol saklar yang digerakkan)
b. Apa fungsi saklar lampu di dinding tersebut? (untuk menyalakan dan memadamkan lampu)
c. Saat lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian? (arus listrik
diputus sehingga tidak mengalir ke lampu)
d. Demikian pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
(arus listrik dialirkan ke lampu)
e. Selain karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan
lampu itu terus menyala? (karena ada sumber energi listrik/arus listrik)
• Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
• Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?”
• Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah
, mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil
pengamatan dalam bentuk tabel.
(jika di sekolah tidak cukup terdapat benda-benda elektronik, guru bisa menyiapkannya: lampu, kipas angin, radio, telepon genggam, dll)
• Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan
arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:
−− Siswa diarahkan untuk menarik kesimpulan dari hasil data yang telah dibuat, dengan
mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan :
a. Bagaimana benda-benda tersebut dapat bekerja? (dengan mengalirkan arus listrik)
b. Apa yang terjadi jika tidak terdapat arus listrik yang mengalir pada bendabenda
tersebut? (benda tidak dapat bekerja)
c. Bagaimana peranan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
(mempermudah pekerjaan manusia)
d. Bagaimana peranan bentuk energi listrik dalam kehidupan manusia? (mempermudah
pekerjaan manusia)
−− Bagaimana peralatan elektronik tersebut membantu mempermudah kehidupan kita?
−− Bagaimana perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda-benda tersebut bekerja?
−− Bagaimana manfaat listrik dalam kehidupan kita?
Kesimpulan yang diharapkan:−− Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
−− Benda-benda elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
−− Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-benda
elektronik bekerja/berfungsi.
−− Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan
manusia.
• Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.