Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
A. Kompetensi Inti (KI)
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar (KD)
- Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara
- Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda dalam kehidupanbermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
- Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menyaji hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gende
- Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
C. IndikatorMendeskripsikan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesi
- Mendeskripsikan semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Mengidentifikasi perilaku menghargai semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam lingkungan sekolah dan masyarakat
- Menunjukkan keterampilan mengamati tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menunjukkan keterampilan menanya tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menyusun laporan hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Menyajikan laporan hasil telaah tentang kerjasama dalam masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
- Mencoba berinteraksi dengan teman dan orang lain dalam keberagaman masyarakat.
- Menyaji laporan hasil interaksi dengan teman dan orang lain dalam keberagaman masyarakat.
Materi dan Proses Pembelajaran1. Materi Pembelajaran
A. Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
1) Nilai Kesejarahan Sumpah Pemuda
2) Semangat dan Komitmen Sumpah Pemuda
B. Semangat kekeluargaan dan gotong royong sebagai bentuk kerjasama dalam masyarakat
yang beragam dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
1) Kekeluargaan sebagai pola hidup dan kehidupan kehidupan masyarakat Indonesia
2) Dinamika gotong royong dalam masyarakat Indonesia
C. Membiasakan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat sebagai perwujudan semangat
dan komitmen Sumpah Pemuda
1) Membiasakan Kerjasama dalam lingkungan sekolah
2) Membiasakan Kerjasama dalam lingkungan pergaulan
3) Membiasakan kerjasama dalam lingkungan masyarakat
2. Proses PembelajaranPembelajaran Pertemuan Kesatu (120 Menit)
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a. Mendeskripsikan sejarah perumusan Sumpah Pemuda
b. Mengidentifikasi semangat dan komitmen dalam Sumpah Pemuda
c. Menjelaskan makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
d. Menyusun hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
e. Menyajikan hasil telaah tentang Sumpah Pemuda
2. Materi dan Proses Pembelajaran
Materi pokok pertemuan kesatu membahas tentang makna Sumpah Pemuda.. Materi pokok ini memiliki alokasi waktu 1 x 120 menit atau satu kali pertemuan. Pendekatan pembelajaran menggunakan inquiry learning, metode diskusi dengan model pembelajaran kajian dokumen historis . Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya,mencari informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
1) Kegiatan Pendahuluan
- Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar. Secara khusus meminta peserta didik membuka buku teks yang memuat materi Bab 6 bagian A tentang memahami semangat dan komitmen Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia
- Guru memberi motivasi melalui menyanyi lagu nasional, bermain, atau bentuk lain sesuai kondisi sekolah
- Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai Sumpah Pemuda
- Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
- Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
- Guru menjelaskan materi pokok dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
2) Kegiatan Inti
Mengamati
- Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang.
- Guru meminta peserta didik membaca naskah Sumpah Pemuda. Kemudian guru dapat menambahkan penjelasan sekilas tentang peristiwa Sumpah Pemuda.
Menanya
- Guru meminta peserta didik secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang Sumpah Pemuda.
- Guru dapat membimbing pertanyaan peserta didik sesuai tujuan pembelajaran.
Mengumpulkan Informasi
- Guru membimbing peserta didik secara kelompok untuk mencari informasi untuk menjawab pertanyaan yang sudah disusun, dan mengisi Aktivitas 6.1 dengan membaca uraian materi Bab VI bagian A Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau internet.
- Guru juga dapat menjadi nara sumber atas pertanyaan peserta didik di kelompok
Mengasosiasi
- Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh seperti hubungan Sumpah Pemuda dengan perjuangan bangsa Indonesia.
- Guru membantu peserta untuk menyimpulkan tentang nilai kesejarahan Sumpah Pemuda.
Mengomunikasikan
- Guru membimbing peserta didik menyusun laporan hasil telaah tentangSumpah Pemuda. Laporan dapat berupa displai, bahan tayang, maupun dalam bentuk kertas lembaran.
- Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah di depan kelas. Kegiatan penyajian dapat setiap kelompok secara bergantian di depan kelas. Atau melalui memajang hasil telaah (displai) di dinding kelas dan kelompok lain saking mengunjungi dan memberikan komentar atas hasil telaah kelompok lain. Guru dapat juga melakukan bentuk penyajian sesuai kondisi sekolah.
3) Kegiatan Penutp
- Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
- Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
- Guru melakukan tes secara tertulis atau lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik. Guru dapat menggunakan soal Uji Kompetensi atau membuat soal sesuai tujuan pembelajaran.
- Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberi tugas membaca makna kekeluargaan di halaman 108 atau memberikan pekerjaan rumah.
3. Penilaiana. Penilaian Kompetensi Sikap
Teknik penilaian kompetensi sikap dapat menggunakan observasi, penilaiandiri, penilaian antarpeserta didik, atau jurnal. Hasil penilaian akan lebih baik apabila menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Sehingga hasil penilaian lebih obyektif, karena setiap teknik memiliki kelebihan dan kekurangan. Penilaian ini berlangsung secara terus menerus selama prosespembelajaran.