Membaca Puisi
Tujuan Pembelajaran:• Dengan kegiatan menyimak, siswa mampu menunjukkan sikap tertib dalam mengikuti kegiatan dengan benar.
• Setelah menyimak, siswa mampu membaca puisi dengan lancar dan tepat.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Siswa mendengarkan guru membaca puisi yang ada di buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan tentang manfaat membaca puisi.
3. Kemudian, guru menyampaikan bahwa membaca puisi dapat melatih siswa mengungkapkan rasa bahagia, sedih, dan lain-lain.
4. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang makna puisi.
5. Guru bertanya, “Adakah yang sudah bisa membaca?”
6. Guru mempersilakan siswa yang sudah bisa membaca maju ke depan kelas dan membacakan puisi tersebut untuk teman-temannya.
7. Lalu, guru membaca puisi baris demi baris diikuti siswa
8. Guru bertanya “Adakah kata-kata yang belum dimengerti?”
9. Guru mengulang berkali-kali dengan mengajarkan secara estafet berdasarkan deretan tempat duduk.
10. Setelah guru merasa siswa cukup menguasai, minta lima siswa maju ke depan untuk membaca puisi tersebut.
11. Guru bertanya, “Kata-kata apa yang kamu sukai di dalam puisi tersebut?”.
12. Siswa boleh menuliskannya di buku yang sedang dibuat (Buku Pertamaku).
Membuat Ilustrasi
Tujuan Pembelajaran:• Dengan mendengarkan penjelasan guru, siswa mampu mengidentifikasi ilustrasi cerita dengan benar.
• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membuat gambar ilustrasi sesuai cerita yang ditentukan.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Siswa mengamati wacana dan gambar pada buku siswa.
2. Guru menjelaskan kepada siswa bahwa setiap buku cerita, terutama di bagian sampul pasti ada ilustrasi yang menggambarkan cerita di buku.
3. Guru membawa beberapa buku cerita, lalu menunjukkan ilustrasi buku tersebut kepada siswa dan menjelaskan ilustrasi buku tersebut.
4. Siswa melihat contoh ilustrasi pada buku siswa dan mewarnainya.
5. Siswa memarnai gambar ilustrasi di buku siswa.
6. Lalu siswa diminta untuk mengerjakan ilustrasi di buku siswa.