Berlari sambil Menyusun Kata
Tujuan Pembelajaran:• Dengan bermain, siswa mampu melakukan gerak lokomotor dengan benar.
• Dengan bermain, siswa mampu memilih kartu kata yang tepat sesuai permintaan dengan benar.
Media dan Alat Pembelajaran:• Kartu kata sekitar sepuluh buah sebanyak lima set.
• Wadah atau kardus bekas kemasan yang besar.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Guru mengajak siswa ke luar kelas, kemudian duduk membuat lingkaran.
2. Permainan mencari kartu kata
−− Guru membagi siswa menjadi lima kelompok buku
kesukaan yaitu sebagai berikut.
Kel. 1 : Buku cerita
Kel. 2 : Buku komik
Kel. 3 : Buku kumpulan puisi
Kel. 4 : Buku tulis
Kel. 5 : Buku gambar
−− Masing-masing kelompok berbaris dan pimpinan kelompok berdiri di barisan terdepan.
−− Guru meletakkan wadah besar masing-masing 1, tepat di seberang masingmasing
kelompok yang berjarak sekitar 5 meter.
−− Setiap wadah berisi kartu-kartu kata yang sama yang berjumlah sekitar sepuluh
kartu kata.
−− Guru akan menyebutkan satu kata yang harus ditemukan siswa di dalam wadah.
−− Setelah guru memberi aba-aba, siswa terdepan segera berjalan jinjit menuju
wadah dan berlomba mencari kartu kata dimaksud.
−− Siswa yang sudah berhasil menemukan kartu berteriak ‘Horreee, aku dapat...’
sebagai tanda kartu sudah ditemukan.
−− Kemudian, semua siswa kembali ke kelompok masing-samping dengan berjalan
mundur dan berdiri di barisan terbelakang.
−− Kartu yang sudah ditemukan diserahkan kepada guru dan permainan dilanjutkan
oleh peserta nomor dua dengan cara yang sama.
−− Setiap satu kartu kata yang ditemukan akan mendapatkan satu poin.
−− Kelompok dengan pengumpul kata terbanyak keluar sebagai pemenang.
−− Usai bermain kartu kata, siswa mengambil buku pertamaku, membuat gambar
pohon dan menuliskan kata-kata yang telah ditemukannya pada saat bermain
kartu kata.
−− Siswa juga mengerjakan latihan di buku siswa.