Menceritakan Pengalaman Berolahraga
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan diskusi, siswa mampu menceritakan apa yang dirasakan setelah berolahraga dengan tepat.
• Dengan kegiatan praktik, siswa mampu menjelaskan perbedaan tubuh sebelum berolahraga dan setelah berolahraga dengan cara memilih gambar yang tepat.
Alat dan Media Pembelajaran:
buku siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru menanyakan kepada siswa apa yang dirasakan setelah berolahraga.
2. Siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pengalamannya.
3. Siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang diungkapkan dengan bimbingan guru.
4. Guru membacakan teks di buku siswa yang ada pada pembelajaran 4.
5. Guru memberikan penjelasan bagaimana olahraga membuat tubuh kita sehat. Dengan berolahraga,
jantung dan paru-paru kita bertambah kuat.
6. Untuk mengaitkan penjelasan ini dengan hal yang konkret, siswa diminta untuk melakukan percobaan sederhana.
7. Siswa diminta untuk mengamati napasnya masingmasing.
8. Lalu, siswa diminta untuk memegang dada di sebelah kiri tempat jantung berada.
9. Siswa diminta menceritakan yang mereka rasakan/ amati.
10. Guru membawa siswa ke luar kelas.
11. Siswa diminta keliling lapangan sebanyak dua putaran (bisa lebih bergantung dari besarnya lapangan sekolah).
12. Setelah selesai dan kembali ke kelas, siswa diminta untuk memegang dadanya di sebelah kiri dan amati perbedaannya dengan sebelum melakukan kegiatan berlari.
13. Siswa juga mengamati embusan napasnya sendiri.
14. Siswa diminta untuk menceritakan perbandingan hasil pengamatan sebelum dan setelah melakukan kegiatan berlari secara bergantian.
15. Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan bimbingan guru.
16. Siswa menyimpulkan kaitan antara berolahraga dengan melatih jantung dan paru-paru kita supaya
kuat. Jantung memiliki fungsi yang penting, yaitu memompa darah.