Membuat Buku Sederhana
Tujuan Pembelajaran:• Dengan mendengarkan arahan, siswa mampu membuat buku sederhana secara mandiri sesuai ketentuan dengan rapi dan menarik.
Media dan Alat Pembelajaran:• Buku siswa.
• Kertas polos/HVS (sebaiknya yang berwarna), minimal tiga lembar dibagi dua atau empat.
• Karton manila untuk halaman muka.
• Gunting.
• Tali/benang wol dan pembolong kertas/jarum jahit.
• Pensil warna/krayon/spidol/alat tulis lain.
• Kertas warna warni/daun kering/ ranting/bunga kering/majalah bekas atau bahan alam lainnya untuk membuat hiasan.
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa siswa akan membuat buku tentang dirinya dan hal-hal di sekitarnya, seperti mainan kesukaan, makanan, dan teman dekat. Apakah siswa kelas 1 dapat membuat buku? Guru menjelaskan bahwa semua orang termasuk siswa kelas satu dapat membuat buku dan para siswa akan membuktikannya. Guru menyampaikan bahwa siswa akan belajar membuat sebuah buku.
2. Dengan bantuan guru, siswa akan menulis dan membuat gambar mulai dari:
−− Judul buku di halaman depan.
−− Halaman pertama (1) adalah dirinya (di bawahnya ditulis “Ini adalah aku”).
−− Halaman dua (2 ) gambar ayah/bapak ditulis “Ini Ayahku”.
−− Halaman tiga (3) gambar ibu “ Ini Ibuku”, dan seterusnya.
3. Lalu, guru membagikan 3 lembar kertas HVS (bisa lebih sesuai kebutuhan).
4. Siswa melipat ketiga lembar kertas menjadi dua bagian atau empat bagian yang sama besar.
5. Di halaman muka, siswa menuliskan judul buku3. Lalu, guru membagikan 3 lembar kertas HVS (bisa lebih sesuai kebutuhan).
4. Siswa melipat ketiga lembar kertas menjadi dua bagian atau empat bagian yang sama besar.
5. Di halaman muka, siswa menuliskan judul buku dengan mencontoh tulisan guru di papan tulis (siswa boleh memberi judul sendiri).
6. Di bawah judul, siswa menuliskan namanya. Guru membantu siswa merapikan lipatan dan menyatukannya dengan tali atau jahitan.
7. Siswa mulai mengerjakan sampai waktu pelajaran habis.
8. Guru berkeliling pada saat siswa mengerjakan tugasnya. Sambil berkeliling, guru menanyakan siapa yang sudah selesai halaman 1 dan seterusnya.
9. Guru memberi semangat dan mengarahkan siswa yang butuh waktu lebih lama mengerjakan dibandingkan dengan siswa yang lain.
10. Penulisan buku akan berlangsung setiap hari di sela-sela kegiatan dan diselesaikan dalam lima hari. Buku bisa menjadi kegiatan pengaman jika siswa sudah menyelesaikan kegiatan lain sambil menunggu teman yang belum selesai. Buku akan dikembangkan terus dengan menambah kata-kata di setiap halaman buku. Siswa juga dapat mewarnai dan menghias bukunya masing-masing.