Mengidentifikasi Perbedaan Suara Tujuan Pembelajaran:
• Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara
keras, suara sedang, dan suara lembut dengan tepat.
• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara
sedang, dan suara lembut.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Teks Lagu
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Cing Gemerincing”.
2. Sebelumnya guru meminta siswa untuk menebalkan tulisan di buku siswa.
3. Siswa menyanyikan lagu Cing Gemerincing.
4. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.
5. Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok pertama mendengarkan.
6. Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.
7. Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.
8. Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suara di sekitar dengan semua siswa diam.
9. Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa
suara itu ada yang keras, sedang, dan ada yang lembut.
10. Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara).
11. Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadaphadapan, teman yang berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia.
12. Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara di sekitar, siswa diminta melakukan latihan di buku siswa memberi tanda √ pada tabel
13. Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut.
Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan percaya diri.
• Dengan mengamati teks lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut dengan tepat. yang tersedia di buku siswa. Jika terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklis pada kolom L jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.
Media dan Alat yang Dibutuhkan:
Keyboard (jika ada)
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.
2. Siswa dan guru menyanyikan lagu tersebut secara bersamasama dengan penuh semangat.
3. Setelah semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk mencari kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa dan menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang dipelajari.
4. Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disiapkan dengan benar.
5. Siswa menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.
6. Siswa dan guru membahas hasil penghitungan secara bersama-sama.