Pengukuran dengan Lompat Jauh
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan praktik langsung siswa mampu melakukan lompat jauh dengan teknik yang benar.
• Dengan menggunakan alat ukur tidak baku (tali rafia).
• Siswa mampu mengukur dan membandingkan jarak lompatannya dengan lompatannya dengan lompatan temannya.
• Setelah mengukur, siswa mampu membuat tabel data hasil pengamatan kegiatan .
Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku siswa
• Kapur tulis/kayu
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan.
2. Guru mengajak siswa ke halaman/lapangan sekolah.
3. Siswa diminta membawa buku siswa dan alat tulis.
4. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok.
5. Siswa mendengarkan penjelasan tentang pengamatan yang akan dilakukan, yaitu sebagai berikut.
−− Siswa melompat mulai dari garis awal yang telah ditentukan.
−− Tempat siswa mendarat diberi tanda dengan kapur tulis atau kayu (jika dilakukan di lapangan tanah).
−− Semua anggota kelompok melakukan hal yang sama.
−− Semua anggota kelompok membandingkan jarak lompatan.
6. Dengan bimbingan guru, siswa mengisi tabel hasil pengamatan yang ada pada buku siswa.
7. Siswa melakukan satu kali lagi lompatan dan menuliskan hasil pengamatannya.
8. Guru dan siswa mendiskusikan hasil pengamatan kegiatan lompat jauh.
9. Guru membacakan pertanyaan pada buku siswa dan siswa menuliskan jawabannya dengan bahasa sederhana.
10. Siswa menuliskan jawaban dari pertanyaan bacaan di buku siswa.
Bernyanyi Lagu Bertema Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyajikan lagu bertema olahraga dengan percaya diri dan lancar sesuai dengan ketentuan.
• Dengan bermain sambil bernyanyi siswa mampu mengikuti arahan atau petunjuk guru dengan benar.
Media dan Alat Pembelajaran:
Teks lagu Basri Jago Kasti
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa memperhatikan teks lagu Basri Jago Kasti.
2. Guru mengajarkan lagu Basri Jago Kasti.
3. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama.
4. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
5. Siswa mendengarkan penjelasan tentang kegiatan “menyambungkan lagu”. Berikut ini adalah aturannya.
−− Setiap kelompok secara bergiliran menyanyikan sebaris lagu.
−− Guru menunjuk kelompok yang pertama kali menyanyikan baris pertama lagu.
−− Guru akan menunjuk kelompok menyanyikan lagu secara acak.
−− Setiap kelompok diharapkan selalu dalam keadaan siap.
6. Pada akhir kegiatan setiap kelompok maju ke depan kelas untuk menyanyikan lagu
tersebut.