Membaca Teks
Tujuan Pembelajaran:• Dengan kegiatan mendengar, siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai informasi yang didengar.
• Dengan mengikuti ucapan guru, siswa mampu membaca teks sederhana dengan nyaring dan lancar.
• Setelah membaca, siswa mampu menuliskan kata yang tepat.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Guru meminta siswa membuka buku siswa.
2. Guru meminta siswa mengamati gambar dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
−− Siapa saja yang ada di gambar?
−− Apa yang sedang mereka lakukan?
−− Bagaimana mereka melakukannya?
−− Di mana mereka melakukannya?
−− Mengapa mereka melakukannya?
−− Apakah siswa melakukan apa yang dilakukan Lani dan Siti?
3. Guru menyampaikan kepada siswa bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan membaca, kita bisa mendapatkan banyak informasi yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita bisa membaca buku-buku yang menarik, seperti buku cerita bergambar, buku cerita anak, dan buku ilmu pengetahuan. Jika kita dapat membaca, maka informasi mudah kita dapatkan. Lalu, sampaikan pada
siswa bahwa mereka akan belajar membaca sebuah cerita.
4. Siswa mengamati teks cerita di buku siswa.
5. Kemudian, guru membaca teks hingga selesai.
6. Lalu, guru membacanya lagi baris demi baris sambil diikuti siswa dengan suara nyaring.
7. Latihan membaca teks dilakukan berulang-ulang dengan berbagai variasi, misalnya dengan cara berpasangan atau kelompok kecil, tetapi masih dengan bantuan guru.
8. Sebelum menutup kegiatan, guru menegaskan kembali bahwa anak yang rajin membaca akan memiliki banyak pengetahuan. Dengan membaca, kita dapat mengenal bermacam-macam binatang, tumbuhan, gejala alam, dan yang lainnya. Buku membuka mata kita mengenal dunia yang beraneka warna. Membaca banyak membawa banyak manfaat dan membuat seseorang menjadi bertambah pintar.