Membaca dan Menyusun Teks Lagu
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan menggunakan teks lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu
dengan benar.
• Setelah membaca, siswa diminta menyusun potonganpotongan syair lagu dengan tepat.
• Setelah menyusun potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu penggalan lagu dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:
Teks lagu yang ditulis pada kertas karton atau pada papan tulis, alat musik tradisional setempat.
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).
2. Setiap kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu yang utuh.
3. Kelompok siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.
4. Selanjutnya, siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.
5. Siswa juga menuliskan kata-kata yang belum dimengerti.
6. Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.
Mengelompokkan Alat Musik
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan menirukan guru, siswa mampu membacakan nama-nama alat musik dengan benar.
• Setelah membaca, siswa mampu memasangkan dengan benar kartu kata dengan gambar alat musik
yang sesuai.
Media dan Alat Pembelajaran:
Kartu gambar alat musik 2 set
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru menjelaskan bahwa sebuah lagu akan menjadi indah jika diiringi oleh musik.
2. Siswa diminta menyebutkan alat-alat musik yang mereka ketahui.
3. Guru menunjukkan sebuah gambar saksofon dan suling. Guru menjelaskan bahwa suling adalah
alat musik tradisional dan saksofon adalah alat musik modern. Guru menjelaskan bahwa alat musik
tradisional adalah alat musik yang berasal dari daerah.
4. Guru menunjukkan berbagai alat musik menggunakan kartu gambar dan kartu kata.
5. Guru membaca nama-nama alat musik saat menunjukkan gambarnya.
6. Siswa mengucapkan kembali kata-kata guru dengan suara nyaring.
7. Siswa menjelaskan gambar yang dilihatnya apakah termasuk alat musik tradisional atau modern.
8. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang dikemukakan siswa.
9. Setelah semua gambar ditunjukkan, siswa dibagi dalam 4 kelompok.
10. Setiap kelompok menggunakan nama alat-alat musik daerah setempat serta berdiri dalam satu barisan.
11. Guru meletakkan 2 set kartu gambar di depan kelas (di depan barisan siswa) dengan diacak.
12. Guru menuliskan nama-nama kelompok di papan tulis.
13. Siswa di barisan paling depan mengambil kartu gambar dan membawa kartu tersebut ke kelompoknya untuk mendiskusikan gambar yang diambil termasuk alat musik modern atau alat musik tradisional. Siswa yang membawa kartu akan menyebutkan jawaban kelompoknya.
14. Guru akan menuliskan angka 1 jika berhasil mengategorikan alat musik dan membiarkan skor
kosong jika siswa menjawab salah.
15. Siswa yang telah mengambil kartu meletakkan kembali kartu gambar di tempat semula dan berdiri di barisan paling belakang.
16. Guru mengacak kartu-kartu gambar, lalu permainan dilanjutkan, seperti sebelumnya.
17. Begitu seterusnya hingga semua anggota kelompok mendapat kesempatan untuk menjawab.
18. Setelah permainan selesai, guru mengumumkan pemenang permainan dan menjelaskan bahwa manfaat mengikuti permainan itu adalah untuk melatih siswa dalam mengikuti aturan permainan dan kerja sama dalam kelompok.
19. Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa tentang alat musik tradisional dan modern, serta memasangkan nama dan alat musik.