CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7

Wednesday, April 16, 2014

Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7

Objek IPA dan Pengamatan
 
a. Materi Untuk Guru
Pertemuan I dimaksudkan untuk melatihkan kesadaran kepada peserta didik tentang kegiatan pengamatan terhadap benda-benda sebagai salah satu bagian IPA. Artinya, sejak awal peserta didik dikenalkan bahwa IPA tidak sekedar kumpulan teori, tetapi karya kerja keras manusia. Tiga langkah kunci dalam proses pengembangan IPA (metode ilmiah) yaitu melakukan pengamatan, menginferensi, dan mengomunikasikan. Pengamatan untuk mengumpulkan data dan informasi, dengan panca indra dan/atau alat ukur yang sesuai. Kegiatan inferensi meliputi merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatan, untuk menemukan pola-pola, hubungan-hubungan, serta membuat prediksi. Hasil dan temuan dikomunikasikan kepada teman sejawat, baik lisan maupun tulisan. Yang dikomunikasikan termasuk data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik,
bagan, dan gambar yang relevan. Tiga keterampilan kunci yaitu melakukan pengamatan, menginferensi, dan mengomunikasikan inilah yang harus dilatihkan secara terus-menerus dalam pembelajaran IPA kelas VII.

b. Pembelajaran
1) Tujuan Esensial
a) Peserta didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil.
b) Peserta didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses: pengamatan, inferensi, dan komunikasi.
c) Peserta didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
d) Peserta didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.

2) Kegiatan Pembelajaran
a) Pendahuluan
Untuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik tunjukkan berbagai produk hasil dari IPA; kemudian mintalah peserta didik mengamati temannya dan menyampaikan hasil pengamatannya (lihat kegiatan “Mengamati Temanmu”). Contoh hasil pengamatannya:

Edo: warna kulit coklat dan agak kasar, rambut hitam ikal, warna pupil mata hitam, ada detak yang kontinyu, dan lain-lain. Seringkali, tafsiran terhadap hasil pengamatan langsung muncul saat kegiatan pengamatan (misalnya: Edo pemarah namun hatinya lembut). Guru perlu mengklarifikasi, bahwa saat melakukan pengamatan, hindari dulu membuat tafsiran terhadap pengamatan (inferensi).

b) Inti
Secara berkelompok, peserta didik melakukan kegiatan “Kerja dalam IPA”, yang terdapat di buku peserta didik, menuliskan hasil kerjanya (sesuai kreasinya), dan mendiskusikan hasilnya. Doronglah
peserta didik untuk tidak takut salah; yang penting prosedur dilakukan dengan benar dan aman.

Contoh hasil kerja peserta didik:
• Contoh prediksi peserta didik: garis itu akan menjadi kabur karena terkena air yang bergerak naik pada tisu.

• Contoh hasil pengamatan peserta didik: setelah tisu dicelup, air mulai bergerak naik di dalam tisu. Air mengenai garis, 4 menit kemudian garis tampak kabur.




f
Share
t
g+
Share
?
k
12:25 PM

1 komentar untuk "Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7"

  1. UnknownJuly 20, 2021 at 9:02 PM

    Mengamati temanmu

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger