CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu

Sunday, April 13, 2014

Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu

Mengidentifikasi Perbedaan Suara Tujuan Pembelajaran:

• Dengan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi perbedaan suara
keras, suara sedang, dan suara lembut dengan tepat.
• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membedakan mana suara keras, suara
sedang, dan suara lembut.

Media dan Alat Pembelajaran:
• Teks Lagu

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa bersama guru menyanyikan kembali lagu “Cing Gemerincing”.

2. Sebelumnya guru meminta siswa untuk menebalkan tulisan di buku siswa.

3. Siswa menyanyikan lagu Cing Gemerincing.

4. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama menyanyikan lagu, kelompok lainnya mendengarkan.

5. Berikutnya kelompok kedua menyanyikan lagu, kelompok pertama mendengarkan.

6. Kelompok kedua menyanyikan sekali lagi kelompok pertama mendengarkan dengan telingan ditutup dengan jari.

7. Guru menanyakan perbedaan suara yang didengar.

8. Kemudian siswa diminta untuk mendengarkan suara-suara di sekitar dengan semua siswa diam.

9. Siswa dan guru mendiskusikan suara-suara tersebut,hingga akhirnya guru menjelaskan bahwa
suara itu ada yang keras, sedang, dan ada yang lembut.

10. Guru meminta siswa untuk membandingkan lagu yang dinyanyikan sendiri dengan yang dinyanyikan bersama-sama (paduan suara).

11. Siswa juga diminta untuk melakukan percobaan, yaitu mendengarkan teman yang bicara berhadaphadapan, teman yang berbicara dengan berbisik, dan teman yang sedang memanggil teman lain yang jauh dari dia.

12. Setelah melakukan percobaan dan memperhatikan suara-suara di sekitar, siswa diminta melakukan latihan di buku siswa memberi tanda √ pada tabel

13. Dari seluruh data yang ada pada tabel siswa diminta untuk menuliskan suara yang paling keras dan yang paling lembut.

Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu 
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan bimbingan guru, siswa mampu menyanyikan lagu ‘Naik-Naik ke Puncak Gunung’ dengan lancar dan percaya diri.

• Dengan mengamati teks lagu, siswa mampu menghitung jumlah kata-kata tertentu pada lagu tersebut dengan tepat. yang tersedia di buku siswa. Jika terdengar suara keras, memberi ceklis pada kolom K, memberi tanda ceklis pada kolom L jika terdengar suara pelan/lembut dan S pada kolom sedang.



Media dan Alat yang Dibutuhkan:
Keyboard (jika ada)

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru mengenalkan lagu anak-anak “Naik Naik ke Puncak Gunung”.

2. Siswa dan guru menyanyikan lagu tersebut secara bersamasama dengan penuh semangat.

3. Setelah semua siswa bernyanyi, siswa diminta untuk mencari kata-kata yang sudah ditentukan di buku siswa dan menghitung jumlah kata tersebut dalam teks lagu yang dipelajari.

4. Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada tabel yang telah disiapkan dengan benar.

5. Siswa menghitung total kata-kata tersebut dengan teliti.

6. Siswa dan guru membahas hasil penghitungan secara bersama-sama.

f
Share
t
g+
Share
?
k
7:39 PM

Belum ada komentar untuk "Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan Menghitung Kata pada Syair Lagu "

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning seni budaya kelas o7
    Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PjBL) adalah metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media....
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Bermain sambil Bernyanyi
    Bermain sambil Bernyanyi Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan permainan ‘Cublak- Cublak Suweng’ dan ...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger