CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD

Monday, April 21, 2014

Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD

Fokus Pembelajaran: IPA

Tujuan Pembelajaran:
• Dengan percobaan dan pengamatan, siswa mampu membandingkan melalui
   tulisan tentang manfaat energi angin dan energi air serta pemanfaatan kincir
   air dan kincir angin dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan data hasil percobaan.

• Setelah percobaan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu menyajikan
   laporan hasil percobaan dan pengamatan tentang kincir air dan angin menggunakan
   kosa kata baku dengan benar.

• Dengan kegiatan membuat kincir air dan kincir angin, siswa mampu meningkatkan
   keterampilan menggunting, melipat, dan menempel berdasarkan instruksi tertulis
   secara mandiri.

Kegiatan Belajar

Energi Angin dan Energi Air
• Sebagai kegiatan pembuka, siswa mengamati gambar kincir yang ada pada buku.

Untuk membuat kegiatan pembuka ini semakin menarik, guru dianjurkan untuk membawa sebuah
kincir kertas dan kincir plastik. Minta siswa untuk mengamati dua kincir tersebut.

Siswa membuat perkiraan tentang kincir angin:

a. Apa yang membuat kincir berputar? (ditiup angin)
b. Sumber energi apa yang bisa menggerakkan kincir itu? (angin)
c. Bentuk energi apa yang timbul saat kincir berputar? (gerakan)
d. Apa manfaat kincir angin dalam kehidupan seharihari? (untuk bermain, sebagai benda perantara  yang merubah sumber energi angin menjadi bentuk energi gerak pada baling-baling, dan  mengakibatkan pompa bergerak memompa air)

• Siswa menjawab rumusan masalah tersebut dengan cara diskusi berpasangan
   bersama teman sebangku untuk menemukan jawabannya. Kegiatan ini untuk melatih
   keterampilan sains siswa dalam membuat “Hipotesa” (dugaan sementara) dari rumusan masalah.

• Siswa membuat kincir air dan kincir air plastik sesuai instruksi pada buku.

Guru berkeliling memastikan siswa memahami instruksi yang diberikan dan memberikan bantuan kepada siswa yang menemui kesulitan.

Siswa keluar kelas dan melakukan percobaan menggunakan kincir tersebut
• Siswa menggerakan kincir angin dengan membawanya berlari atau ditiup.
• Siswa menggerakkan kincir air dengan cara mengucurkan air dari atas kincir, pastikan air jatuh
  tepat di atas baling-baling.
• Siswa mengamati proses percobaan hingga kincir bergerak berputar.
• Siswa mencocokkan jawaban sementara mereka di awal pembelajaran dengan hasil percobaan.
• Siswa menuliskan hasil percobaan seperti yang tertera pada buku.
• Siswa mengomunikasikan proses pembuatan kincir kepada teman sebangkunya.

Kesimpulan yang diharapkan :
Angin dan air merupakan salah satu sumber energi yang membuat kincir berputar

• Siswa diberi kesempatan untuk memasang kincir mereka di halaman sekolah dan mengamati saat
   kapan kincir tersebut berputar.
• Siswa membaca artikel tentang energi air dan pompa air tenaga angin untuk menambah informasi.

f
Share
t
g+
Share
?
k
7:26 PM

Belum ada komentar untuk "Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD "

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger