Bermain sambil Bernyanyi
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan permainan ‘Cublak- Cublak Suweng’ dan ‘Ampar-Ampar Pisang’ secara berkelompok.
• Dengan permainan, siswa mampu melakukan gerak non-lokomotor dengan benar.
• Setelah bermain, siswa mampu mengemukakan pendapat tentang permainan yang dilakukan secara lisan.
Media dan Alat yang Dibutuhkan:
Batu kerikil (kecil)
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru mengenalkan lagu-lagu daerah berikut:
2. Siswa dikenalkan dengan lagu Cublak Cublak Suweng dari
Jawa Tengah dan Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan.
3. Siswa dikenalkan dengan permainan Cublak Cublak
Suweng. Berikut ini aturan permainannya:
−− Salah satu siswa duduk bersujud dengan menutup mata.
−− Siswa-siswa yang lain membuka telapak tangannya
di atas punggung seorang siswa sambil menyanyikan
Cublak Cublak Suweng
−− salah satu siswa memegang satu batu dan menjalankan
batu tersebut diatas tangan teman-temannya secara
bergantian.
−− Ketika lagu selesai dinyanyikan batu diletakkan di atas
tangan seorang siswa.
−− Lalu semua siswa menggenggam tangan sambil
menggoyang-goyangkannya dan menyanyikan sir..sir..
pong....dele gopong berkali-kali.
−− Siswa yang bersujud bangun dan menebak di tangan
siapa batu tersebut disimpan.
−− Jika tebakannya tepat maka siswa yang memegang batu
menggantikan siswa yang duduk bersujud.
−− Jika tebakannya salah maka yang menebak kembali
duduk bersujud untuk bermain Cublak Cublak Suweng
dari awal.
−− Permainan Cublak-Cublak Suweng efektif jika pesertanya
berjumlah 5-7 siswa.
4. Siswa juga dikenalkan dengan permainan ampar-ampar
pisang . Berikut ini aturan permainannya.
−− Siswa duduk di lantai dengan rapi dan kaki di luruskan
ke depan.
−− Seorang siswa memandu permainan dengan menyanyikan
lagu ampar-ampar pisang sambil bergantian menyentuh
kaki semua anak.
−− Kaki terakhir yang disentuh ketika lagu selesai
dinyanyikan maka kaki itulah yang dilipat atau tidak
diikutkan dalam nyanyian berikutnya.
−− Permainan terus dilanjutkan hingga tersisa satu kaki yang tidak dilipat. Kaki
itulah yang menjadi pemenangnya.
5. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan permainan”Cublak
Cublak Suweng”. Kelompok kedua melakukan permainan “Ampar Ampar Pisang”.
6. Selanjutnya guru memandu siswa untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
yang ada pada buku siswa.
7. Siswa masih berada pada kelompok bermainnya masing-masing.
8. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menuliskannya