CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Bermain sambil Bernyanyi

Tuesday, April 15, 2014

Bermain sambil Bernyanyi

Bermain sambil Bernyanyi
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mengikuti arahan guru, siswa mampu melakukan permainan ‘Cublak- Cublak Suweng’ dan ‘Ampar-Ampar Pisang’ secara berkelompok.
• Dengan permainan, siswa mampu melakukan gerak non-lokomotor dengan benar.
• Setelah bermain, siswa mampu mengemukakan pendapat tentang permainan yang dilakukan secara lisan.

Media dan Alat yang Dibutuhkan:
Batu kerikil (kecil)

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru mengenalkan lagu-lagu daerah berikut:
2. Siswa dikenalkan dengan lagu Cublak Cublak Suweng dari
   Jawa Tengah dan Ampar-ampar Pisang dari Kalimantan.
3. Siswa dikenalkan dengan permainan Cublak Cublak
   Suweng. Berikut ini aturan permainannya:
−− Salah satu siswa duduk bersujud dengan menutup mata.
−− Siswa-siswa yang lain membuka telapak tangannya
   di atas punggung seorang siswa sambil menyanyikan
   Cublak Cublak Suweng
−− salah satu siswa memegang satu batu dan menjalankan
   batu tersebut diatas tangan teman-temannya secara
   bergantian.
−− Ketika lagu selesai dinyanyikan batu diletakkan di atas
   tangan seorang siswa.
−− Lalu semua siswa menggenggam tangan sambil
   menggoyang-goyangkannya dan menyanyikan sir..sir..
   pong....dele gopong berkali-kali.
−− Siswa yang bersujud bangun dan menebak di tangan
   siapa batu tersebut disimpan.
−− Jika tebakannya tepat maka siswa yang memegang batu
   menggantikan siswa yang duduk bersujud.
−− Jika tebakannya salah maka yang menebak kembali
   duduk bersujud untuk bermain Cublak Cublak Suweng
   dari awal.

−− Permainan Cublak-Cublak Suweng efektif jika pesertanya
   berjumlah 5-7 siswa.
4. Siswa juga dikenalkan dengan permainan ampar-ampar
   pisang . Berikut ini aturan permainannya.
−− Siswa duduk di lantai dengan rapi dan kaki di luruskan
   ke depan.
−− Seorang siswa memandu permainan dengan menyanyikan
   lagu ampar-ampar pisang sambil bergantian menyentuh
   kaki semua anak.
−− Kaki terakhir yang disentuh ketika lagu selesai
   dinyanyikan maka kaki itulah yang dilipat atau tidak
   diikutkan dalam nyanyian berikutnya.
−− Permainan terus dilanjutkan hingga tersisa satu kaki yang tidak dilipat. Kaki
   itulah yang menjadi pemenangnya.

5. Siswa dibagi dalam 2 kelompok. Kelompok pertama melakukan permainan”Cublak
   Cublak Suweng”. Kelompok kedua melakukan permainan “Ampar Ampar Pisang”.
6. Selanjutnya guru memandu siswa untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan
   yang ada pada buku siswa.
7. Siswa masih berada pada kelompok bermainnya masing-masing.
8. Siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan menuliskannya

f
Share
t
g+
Share
?
k
9:08 PM

Belum ada komentar untuk "Bermain sambil Bernyanyi"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger