Mengenal Tata Tertib Perpustakaan
Tujuan Pembelajaran:• Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menyampaikan pendapat dengan lancar dan percaya diri tentang sikap tertib yang harus dilakukan di perpustakaan.
• Setelah menyampaikan pendapat, siswa mampu menjalankan tata tertib sesuai ketentuan selama
berada di perpustakaan.
• Dengan bantuan gambar, siswa mampu menunjukkan sikap yang baik.
Media dan Alat Pembelajaran:• Buku siswa
• Buku atau majalah yang telah disiapkan oleh guru (bila tidak ada di perpustakaan sekolah).
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan, “Siapakah di antara siswa yang pernah atau sering ke perpustakaan?”
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru yang berkaitan dengan apa saja kegiatan orang di
perpustakaan.
3. Guru menayakan kepada siswa apa saja sikap yang harus dilakukan jika berada di perpustakaan.
4. Siswa satu per satu mengemukan pendapat tentang sikap yang harus dilakukan selama berada di
perpustakaan.
5. Siswa diajak berkunjung ke perpustakaan dan mengamati suasana perpustakaan.
6. Siswa juga dipersilakan meminjam atau membaca buku di perpustakaan.
7. Siswa melakukan pengamatan selama berada di perpustakaan.
8. Setelah kunjungan siswa diminta menceritakan apa yang mereka amati di perpustakaan.
9. Pada akhir kegiatan siswa diminta mengerjakan latihan tentang sikap tertib di perpustakaan yang ada di buku siswa.