CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan Alat Musik

Sunday, April 13, 2014

Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan Alat Musik

Membaca dan Menyusun Teks Lagu

Tujuan Pembelajaran:
• Dengan menggunakan teks lagu, siswa mampu membaca kalimat-kalimat yang ada pada syair lagu
dengan benar.

• Setelah membaca, siswa diminta menyusun potonganpotongan syair lagu dengan tepat.

• Setelah menyusun potongan-potongan syair lagu, siswa dapat menentukan kata yang hilang dari satu penggalan lagu dengan tepat.

Media dan Alat Pembelajaran:
Teks lagu yang ditulis pada kertas karton atau pada papan tulis, alat musik tradisional setempat.

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan teks lagu anak-anak yang dibacakan guru. (“Naik Puncak Gunung”).
2. Setiap kelompok harus menyusun potongan-potongan kata tersebut menjadi teks lagu yang utuh.
3. Kelompok siswa yang sudah selesai boleh membantu kelompok lain yang membutuhkan.
4. Selanjutnya, siswa diminta melengkapi potongan lagu yang ditulis pada buku siswa.
5. Siswa juga menuliskan kata-kata yang belum dimengerti.
6. Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang sulit dimengerti siswa pada teks lagu-lagu.


Mengelompokkan Alat Musik
 

Tujuan Pembelajaran:
• Dengan menirukan guru, siswa mampu membacakan nama-nama alat musik dengan benar.

• Setelah membaca, siswa mampu memasangkan dengan benar kartu kata dengan gambar alat musik
yang sesuai. Media dan Alat Pembelajaran: Kartu gambar alat musik 2 set

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru menjelaskan bahwa sebuah lagu akan menjadi indah jika diiringi oleh musik.

2. Siswa diminta menyebutkan alat-alat musik yang mereka ketahui.

3. Guru menunjukkan sebuah gambar saksofon dan suling. Guru menjelaskan bahwa suling adalah
alat musik tradisional dan saksofon adalah alat musik modern. Guru menjelaskan bahwa alat musik tradisional adalah alat musik yang berasal dari daerah.

4. Guru menunjukkan berbagai alat musik menggunakan kartu gambar dan kartu kata.

5. Guru membaca nama-nama alat musik saat menunjukkan gambarnya.

6. Siswa mengucapkan kembali kata-kata guru dengan suara nyaring.

7. Siswa menjelaskan gambar yang dilihatnya apakah termasuk alat musik tradisional atau modern.

 8. Guru dan siswa mendiskusikan jawaban-jawaban yang dikemukakan siswa.

9. Setelah semua gambar ditunjukkan, siswa dibagi dalam 4 kelompok.

10. Setiap kelompok menggunakan nama alat-alat musik daerah setempat serta berdiri dalam satu barisan.

11. Guru meletakkan 2 set kartu gambar di depan kelas (di depan barisan siswa) dengan diacak.

12. Guru menuliskan nama-nama kelompok di papan
tulis.

13. Siswa di barisan paling depan mengambil kartu gambar dan membawa kartu tersebut ke kelompoknya untuk mendiskusikan gambar yang diambil termasuk alat musik modern atau alat musik tradisional. Siswa yang membawa kartu akan menyebutkan jawaban kelompoknya.

14. Guru akan menuliskan angka 1 jika berhasil mengategorikan alat musik dan membiarkan skor
kosong jika siswa menjawab salah.

15. Siswa yang telah mengambil kartu meletakkan kembali kartu gambar di tempat semula dan berdiri di barisan paling belakang.

16. Guru mengacak kartu-kartu gambar, lalu permainan dilanjutkan, seperti sebelumnya.

17. Begitu seterusnya hingga semua anggota kelompok mendapat kesempatan untuk menjawab.

18. Setelah permainan selesai, guru mengumumkan pemenang permainan dan menjelaskan bahwa manfaat mengikuti permainan itu adalah untuk melatih siswa dalam mengikuti aturan permainan dan kerja sama dalam kelompok.

19. Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa tentang alat musik tradisional dan
modern, serta memasangkan nama dan alat musik.
f
Share
t
g+
Share
?
k
7:47 PM

Belum ada komentar untuk "Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan Alat Musik "

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger