Pertemuan II: Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup
a. Materi Untuk GuruPertemuan II dimaksudkan agar peserta didik mampu mengidentifikasi perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Antara makhluk hidup dengan benda tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala
kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejalagejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan.
Ciri-Ciri Makhluk HidupSecara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Peserta didik mengembangkan pengetahuan dan pemahamannya melalui pengamatan dalam berdiskusi.
1) BernapasSetiap saat kita bernapas, yaitu menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Kita dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kita akan merasakan lemas sebagai tanda kekurangan oksigen.
2) Memerlukan Makanan dan MinumanUntuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi tersebut, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman.
3) BergerakKita dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh kita dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.
4) Tumbuh dan BerkembangPerhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan berat badanmu sekarang dengan waktu masih kecil? Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian meneta menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa.
5. Berkembang Biak (reproduksi)Sebagai contoh kita lahir dari ayah dan ibu, ayah dan ibu kita masing-masing juga mempunyai
orang tua yang kita panggil kakek, nenek dan seterusnya sehingga diperoleh keturunan.
Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut dengan berkembang biak.
Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.
6. Peka terhadap Rangsang (Iritabilitas)Bagaimanakah reaksi kita jika tiba-tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk?
Tentu secara spontan akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh di atas menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilita. Ciri-ciri makhluk hidup:
a) Bernapas.
b) Memerlukan Makanan dan Minuman.
c) Bergerak.
d) Tumbuh dan berkembang.
e) Berkembang biak (reproduksi).
f) Peka terhadap rangsang (Irritabilitas).
b) Pembelajaran1) Tujuan Esensial
a) Peserta didik dapat melakukan pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
b) Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup.
c) Peserta didik dapat menjelaskan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup.
2) Kegiatan Pembelajaran
a) PendahuluanUntuk memperoleh perhatian dan memotivasi peserta didik mintalah mereka untuk melakukan pengamatan gejala-gejala hidup pada manusia, tumbuhan, dan hewan.
b) Inti• Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan membedakannya dengan bendabenda tak hidup.
• Guru mendiskusikan dan menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan membedakannya dengan benda-benda tak hidup.
c) PenutupPeserta didik diminta menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup dan mengklasifikasikannya.