Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan kegiatan praktik siswa mampu menyanyikan lagu ‘Cing Gemirincing’ dengan lancar dan percaya diri.
• Dengan melakukan wawancara kepada teman, siswa mampu melengkapi grafik gambar data hasil
wawancara dengan benar.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Teks dan not lagu Cing Gemerincing
• Karton
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Guru membuka pelajaran dengan menanyakan kepada siswa siapa di antara mereka yang suka bernyanyi
2. Guru menyampaikan bahwa setiap orang memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Ada yang pandai
bernyanyi, ada juga yang pandai dalam hal yang lain.
3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kegiatan bernyanyi.
4. Siswa menyanyikan lagi “Cing Gemerincing” bersamasama dengan bimbingan guru.
5. Kemudian, siswa diminta menyanyikannya bergantian secara berpasangan di depan kelas.
6. Setelah siswa mendapat giliran guru meminta siswa melakukan survei sederhana tentang lagu kesukaan teman-temannya
7. Siswa mendengarkan penjelasan tentang bagaimana melakukan survei.
8. Selanjutnya siswa melakukan survei untuk lagu-lagu yang lain.
9. Jika telah selesai melakukan survei maka seluruh siswa membuat tanda “orang tersenyum”(contoh pada buku siswa) sebanyak siswa yang memilih suatu lagu.
10. Guru berkeliling untuk mengamati kerja siswa
11. Setelah semua siswa selesai, siswa diminta mengamati hasil pekerjaannya.
12. Guru bertanya,”Apa lagu yang paling banyak disukai siswa?”, “Apa lagu yang paling sedikit disukai siswa?”, “Buat urutan dari lagu yang paling banyak disukai siswa!”, dan “Buat urutan dari lagu yang paling sedikitdisukai siswa!”
13. Guru menjelaskan bahwa informasi yang dibuat dalam bentuk seperti itu disebut dengan piktograf atau grafik gambar.
14. Selanjutnya siswa diminta untuk melengkapi tulisan yang ada di buku siswa pembelajaran 1 tentang lagu kesukaan.
15. Siswa diminta menceritakan hasilnya kepada teman dan guru.