CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD

Monday, April 21, 2014

Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD

Fokus Pembelajaran: IPA,

Tujuan Pembelajaran
• Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat bendabenda elektronik.

• Setelah kegiatan eksplorasi, melaporkan hasil pengamatan tentang manfaat sumber
   energi listrik bagi kehidupan manusia.

 • Dengan kegiatan eksplorasi mengerjakan soal-soal latihan hitung campur, siswa
   konsep persamaan ekspresi kalimat matematika dalam
   operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian secara benar.

• Dengan kegiatan eksplorasi, siswa mampu menyajikan teks laporan hasil pengamatan
  dalam bentuk tabel tentang manfaat benda-benda elektronik dan perubahan bentuk
  energi listrik dengan benar.

• Setelah kegiatan pengamatan terhadap benda-benda elektronik , siswa mampu
   menyajikan dan menerangkan teks arahan/petunjuk tentang cara pengunaan bendabenda
   elektronik dengan benar dalam bentuk buklet.

Tahukah Kamu
Energi Listrik
Di awal pembelajaran, siswa diajak mengamati lampu di ruang kelas, minta satu siswa untuk menyalakan dan memadamkan lampu tersebut lewat saklar yang ada. Guru mengajukan pertanyaan, (tuliskan jawaban siswa di papan tulis)

a. Mengapa lampu itu bisa menyala dan padam? (karena ada tombol saklar yang digerakkan)
b. Apa fungsi saklar lampu di dinding tersebut? (untuk menyalakan dan memadamkan lampu)
c. Saat lampu dimatikan, saklar berubah posisi, mengapa demikian? (arus listrik
    diputus sehingga tidak mengalir ke lampu)
d. Demikian pula saat lampu dinyalakan, saklar berubah posisi, mengapa demikian?
    (arus listrik dialirkan ke lampu)
e. Selain karena saklar yang berubah posisi, adakah hal lain yang menyebabkan
    lampu itu terus menyala? (karena ada sumber energi listrik/arus listrik)

• Guru mengajukan pertanyaan terbuka:
• Bagaimana peranan arus listrik dalam kehidupan sehari-hari? Adakah manfaatnya?”

• Siswa melakukan pengamatan pada benda-benda elektronik di sekitar sekolah
,  mengidentifikasi kegunaan dan perubahan bentuk energi, serta mencatat hasil
   pengamatan dalam bentuk tabel.

(jika di sekolah tidak cukup terdapat benda-benda elektronik, guru bisa menyiapkannya: lampu, kipas angin, radio, telepon genggam, dll)

• Siswa menarik kesimpulan tentang kegunaan benda serta hubungannya dengan
   arus listrik yang merupakan salah satu bentuk energi, dengan mengajukan beberapa pertanyaan:

−− Siswa diarahkan untuk menarik kesimpulan dari hasil data yang telah dibuat, dengan
      mengajukan beberapa pertanyaan secara lisan :

a. Bagaimana benda-benda tersebut dapat bekerja? (dengan mengalirkan arus listrik)

b. Apa yang terjadi jika tidak terdapat arus listrik yang mengalir pada bendabenda
    tersebut? (benda tidak dapat bekerja)

c. Bagaimana peranan benda-benda tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
    (mempermudah pekerjaan manusia)

d. Bagaimana peranan bentuk energi listrik dalam kehidupan manusia? (mempermudah
    pekerjaan manusia)

−− Bagaimana peralatan elektronik tersebut membantu mempermudah kehidupan kita?
−− Bagaimana perubahan bentuk energi yang terjadi saat benda-benda tersebut bekerja?
−− Bagaimana manfaat listrik dalam kehidupan kita?

Kesimpulan yang diharapkan:
−− Benda-benda elektronik memiliki kegunaan untuk mempermudah kehidupan manusia.
−− Benda-benda elektronik dapat menjalankan fungsinya jika dialiri arus listrik.
−− Arus listrik merupakan salah satu bentuk energi karena menyebabkan benda-benda
      elektronik bekerja/berfungsi.
−− Arus listrik bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mempermudah kehidupan
      manusia.

• Guru mengkonfirmasikan kesimpulan dengan teori yang ada.

f
Share
t
g+
Share
?
k
7:18 PM

Belum ada komentar untuk "Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger