Melakukan dan Menghitung Hasil WawancaraTujuan Pembelajaran:• Dengan melakukan wawancara, siswa mampu menyusun data dalam bentuk grafik gambar dengan tepat.
• Setelah melengkapi grafik gambar, siswa mampu menghitung jumlah data hasil wawancara dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:• Buku siswa.
• Contoh tabel wawancara tentang kebiasaan membaca.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Guru selalu mengingatkan siswa mengenai pentingnya membaca buku dan menyampaikan rencana kegiatan wawancara.
2. Kegiatan wawancara dilakukan untuk mengetahui kebiasaan membaca buku yang dilakukan oleh teman.
3. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
4. Minta siswa untuk mewawancarai kegiatan membaca teman-temannya.
5. Siswa menuliskan hasil wawancara pada tabel yang tersedia.
6. Setelah selesai mewawancara, siswa diminta menghitung jumlah siswa yang setiap hari /kadang-kadang/tidak pernah membaca buku.
7. Siswa memindahkan data ke dalam grafik piktograf dengan cara mewarnai kotak sesuai jumlah siswa.
8. Lalu, siswa menjawab pertanyaan mengenai hasil wawancara.
9. Siswa dapat menuliskan hasil wawancara ke dalam bentuk grafik piktograf
Bermain dengan Kartu Kata
Tujuan Pembelajaran:• Dengan permainan kartu kata, siswa mampu merangkai kata (frase) yang cocok dengan kartu kata yang dipilihkan dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:Kartu kata yang telah disiapkan oleh guru (Kartu kata tentang nama-nama teman, bagian tubuh, anggota keluarga, warna, hewan kesukaan, makanan kesukaan, dan kegemaran. Bisa satu kata atau dua kata).
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain kartu kata.
2. Guru memperlihatkan kartu satu per satu dan siswa membacanya bersama.
3. Kemudian, guru memperlihatkan kartu kata tertentu kepada siswa dan siswa diminta menambahkan satu kata di belakang atau di depannya, misalnya guru memperlihatkan kartu kata “cerita”, lalu siswa menambahkannya dengan “membaca cerita” atau “buku cerita” .
4. Siswa mencobanya beberapa kali.
5. Guru membagi-bagikan kartu kata kepada semua siswa.
6. Siswa membaca nyaring kartu kata di tangannya dan memikirkan satu atau dua kata untuk menambahkannya.
7. Semua siswa mendapat kesempatan mengungkapkan idenya.
8. Guru menjelaskan bahwa siswa dapat belajar membaca dimulai dari membaca kata yang bertebaran di mana-mana (di koran, iklan yang ditemui di jalan, dan lain-lain). Semakin sering mereka mencoba, akan semakin cepat siswa dapat membaca.
9. Setelah kegiatan ini, siswa mengerjakan latihan pada buku siswa.