CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII

Monday, April 21, 2014

cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII

Kegiatan Pembuka
Berikut merupakan beberapa tahapan pembelajaran yang dapat dilaksanakan oleh guru ketika pertama kali memulai kelas. Namun, kegiatan yang disampaikan di dalam bagian ini bukanlah sesuatu yang baku. Guru dapat mengeksplorasi beberapa kegiatan yang relevan dengan kondisi dan karakteristik masing-masing sekolah.

Berikut merupakan tahapan yang dapat dilaksanakan.
a. Pastikan guru sudah mempersiapkan seluruh bahan pembelajaran untuk hari tersebut.

b. Pastikan rasa percaya tinggi dan wajah ceria ketika bertemu dengan peserta
    didik untuk pertama kalinya.

c. First impression pays everything. Karenanya, akan jauh lebih baik jika sejak
    pertemuan pertama, guru memastikan bahwa peserta didik merasa nyaman.

d. Perkenalkan bahasa Inggris kepada peserta didik dari pertama kali pertemuan
    dengan ungkapan-ungkapan yang sangat sederhana.

e. Akan jauh lebih baik jika dalam pertemuan pertama English environment sudah
    tercipta dengan digunakannya ungkapan-ungkapan sederhana dalam bahasa Inggris.

f. Beberapa ungkapan yang dapat digunakan dalam membuka pembelajaran di
   antaranya adalah sebagai berikut.

Expressions for greeting
English Indonesian

Good afternoon, everybody.
Selamat sore semua.

Good morning, boys and girls.
Selamat pagi anak-anak semua.

Good evening, children.
Selamat malam anak-anak.

Good morning, kids.
Selamat pagi anak-anak.

Hello, everyone.
Halo semua.

How are you today?
Bagaimana kabarmu hari ini?

I hope you are all feeling well.
Saya harap kalian baik-baik saja.

How’s life?
Bagaimana kabarmu?

How are things with you?
Bagaimana keadaan kalian?

How are you getting on?
Bagaimana kabar kalian?


a. Guru dapat memvariasikan ungkapan-ungkapan yang digunakan sehingga
    tidak menjadi monoton.

b. Lalu, coba kembali ucapkan “Good Morning” kepada peserta didik dengan jelas
    dan perlahan.

c. Gunakan gerakan tangan sebagai indikasi bahwa peserta didik diharuskan
    untuk mengikuti apa yang telah diucapkan guru.

 d. Jika perlu, ucapkan tiga sampai empat kali sampai peserta didik benar-benar
     mengerti mengenai apa yang harus mereka lakukan, yaitu mengucapkan
     kembali “Good Morning” dengan baik dan benar.

e. Guru dapat menuliskan kata “Hello, Good Morning” di papan tulis dan
    memberitahukan bagairnana cara pengucapan yang benar.

f. Guru dapat merninta peserta didik untuk mengucapkan “Hello, Good Morning”
    kepada teman-ternan yang ada di sekitarnya.

g. Pastikan setiap peserta didik menyapa sedikitnya 4-5 peserta didik lain yang
    duduk di sekitar mereka.

h. Ketika kelas sudah cukup kondusif, guru dapat menyapa peserta didik. Beberapa
   ungkapan yang dapat digunakan dalam menanyakan kondisi peserta didik di
    antaranya seperti berikut.



Expressions forasking about someone’s condition after she/he is ill
English-Indonesian
 

Are you feeling better today, Rika?
Apakah kamu merasa lebih baik hari ini,
Rika? (dipakai kepada orang yang kita
tahu telah sakit sebelumnya)

Do you feel better today?
Apakah kamu merasa Iebih baik hari ini?

Are you better now?
Apakah kamuu merasa lebih baik sekarang?

Have you been ill?
Apakah karnu sakit selarna ini?

What is the matter with you?
Kamu sakit apa?

How are you today, Andi?
Bagairnana keadaanmu, Andi?

Getting better?
Lebih baik?

I hope all of you are feeling fine today.
Saya berharap semua merasa sehat hari ini.


i. Selanjutnya, guru dapat memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris.
j. Berikut adalah beberapa ungkapan yang dapat digunakan dalam memperkenalkan diri
 

My full name is ....
Nama lengkap saya

You can call me ....
Kalian bisa rnemanggil saya,

I come from ..., but I live in ....
Saya dan ..., tetapi saya tinggal di

Good morning, my name’s ....
Selamat pagi. Nama saya

I’m a new teacher here.
Saya guru baru di sini

My name’s ... I’m your new Math I, teacher.
NaMa saya ... Saya guru matematika kalian yang baru.

I’ll be teaching you musics this semester.
Saya akan mengajar musik semester


I've got three lessons with you each week.
Saya mempunyai tiga pelajaran dengan kalian setiap minggu.

My full name is .... Just call me ....for short. I will be teaching you on Wednes- day and Saturday.
Nama lengkap saya .... Panggil saja saya .... Saya akan mengajar kalian setiap han Rabu dan Sabtu.

Good morning. This is the first time I meet you. So let me introduce myself to you.
Selamat pagi. mi pertama kali saya bertemu kalian. Jadi, saya akan memp erkenalkan diri saya terlebih dahulu.


k. Guru dapat bertanya mengenai peserta didik yang tidak hadir dengan
    menggunakan beberapa ekspresi berikut ini

Who is absent today?
Siapa yang absen hari ini?

Who isn’t here today?
Siapa yang tidak ada di sini hari ini?

Who isn’t here?
Siapa yang tidak masuk?

What’s the matter with Mery today?
Ada masalah apa dengan Mery hari ini?

Why is Andi absent today?
Mengapa Andi tidak hadir hari mi?

Tuti, why were you absent last Mon- day?
Tuti, mengapa kamu tidak masuk senin yang lalu?

Has anybody seen Sinta today?
Apakah ada yang lihat Sinta hari mi?

Does anybody have any idea where Anggi is today?
Ada yang tahu dirnana Anggi han mi?

You weren’t in our last lesson.
Kamu tidak hadir di pelajaran terakhir kita.

Who wasn’t here on Tuesday?
Siapa yang tidak hadir pada hari Selasa?

Who missed last Thursday’s lesson?
Siapa yang melewati pelajaran hari Kamis?


1. Jika terdapat peserta didik yang terlambat, guru dapat menggunakan beberapa
    ekspresi untuk menanyakan kondisi tersebut.
 
Expressions for asking why someone is late
English-Indonesian


Why are you late?
Mengapa kamu terlambat?

Where have you been?
Karnu ke mana saja?

We started a couple of minutes ago. Where have you been?
Kita sudah mulai beberapa menit yang lalu. Kamu ke mana saja?

Did you miss your bus?
Kamu ketinggalan bus?

Did you oversleep?
Kamu ketiduran?

I see. Well, sit down and let’s let’s start.
Saya mengerti. Oke, duduk dan man kita mulai.


English-Indonesian

Hurry up and sit down. We’ve already started.
Cepat dan duduklah. Kita sudah mulai.

Sit down and we can start now
Duduklah dan kita bisa mulai sekarang.

Don’t come late.
Jangan terlambat.

Don’t come late next time.
Jangan terlambat lagi lain waktu.

Try not to be late again.
Cobalah untuk tidak terlambat lagi.

Try to be here on time.
Berusahalah sampai di sini tepat waktu.

Try to be punctual.
Cobalah tepat waktu.

Don’t let it happen again.
Jangan sampai ini terjadi lagi.

I’ll have to report you to (lie principal f you’re late again.
Saya akan melaporkanmu kepada kepala sekolah jika kamu terlambat lagi.

Let this be the last time, OK?
ini yang terakhir kali, OK?

That’s the second time this week.
ini sudah yang kedua kalinya minggu ini.

I don’t like someone who is late.
Saya tidak suka dengan yang telambat.

m. Jika seluruh peserta didik sudah cukup terkondisikan maka guru dapat memulai
     pelajaran dengan doa.

Expressions for saying/starting to say a prayer
English-Indonesian
 

Let’s have a moment of silence.
Man kita berdoa.

Let’s pray for a moment.
Man kita berdoa sejenak.

Before we start the lesson let’s have a moment of silence.
Sebelum kita mulai pelajaran, marl kita berdoa.

Wildan, please lead the prayer.
Wildan, silakan memimpin doa.

n. Usahakan guru dapat selalu mernulai pelajaran dengan ungkapan “Good Morning “.
o. Menyapa dengan menggunakan “Good Morning” diharapkan menjadi suatu
    kebiasaan di luar kelas.
p. Ketika kita menyapa terlebih dahulu peserta didik dalam bahasa Inggris maka
    budaya menyapa pun akan terbentuk dengan sendirinya.



Kegiatan Penutup
Dalam menutup pembelajaran, terdapat beberapa ekspresi yang dapat
dilakukan. Berikut adalah contoh-contohnya.


Expressions about telling students that the lesson is not finished yet
English -Indonesian
 

The bell hasn’t rung yet.
Belnya belum berbunyi.

There are still ten minutes to go.
Masih tersisa 10 menit lagi.

We still have a couple of minutes left.
 Kita masih punya waktu beberapa menit lagi.

The lesson doesn’t finish till half past ten.
Pelajaran belum akan berakhir sampai pukul 10:30.

Your watch must be too fast.
Jam kalian pasti terlau cepat.

We have an extra five minutes.
Kita masih punya tambahan waktu 5 menit lagi.

Sit quietly until the bell rings.
Duduklah dengan tenang sampai bel
berbunyi.

Expressions about telling students that the lesson already finished
English Indonesian


Time’s up.
Waktunya sudah habis.

It’s almost time to stop.
Waktunya sudah hampir habis.

I’m afraid the time is over now.
 Maaf waktunya sudah habis sekarang.

We’ll have to stop here.
Kita harus berhenti sekarang.

That’s the bell. It’s time to stop.
Itu suara belnya. Saatnya untukberhenti.

That’s all for today. You may go now.
Sampai di sini pelajaran hari ini. Kalian boleh pulang sekarang.


Expressions about asking students to wait
English-Indonesian


Wait a minute.
Tunggu sebentar.

Hang on.
Tunggu sebentar.

Just hold on a moment.
Tunggu sebentar.

Stay where you are for a moment.
Tetaplah di tern pat kalian sebentar saja.

Just a moment, please.
Tunggu sebentar saja.

One more thing before you go.
Satu hal lagi sebelum kita pulang.

Back to your seat.
Kembali ke tempat duduk kalian.

Take your time. I have something to tell you.
Jangan tergesa-gesa, ada yang mau saya katakan.



Expressions about asking students to go out from the class
English-Indonesian
 

Make a line.
Berbarislah.

Make a line and wait for the bell rings.
Buat barisan dan tunggulah sampai bel berbunyi.

Everybody outside!
Semuanya keluar!

All of you, get outside now!
Semuanya, keluarlah sekarang.

Be quiet as you leave. The test in other classes is still in progress.
Tetaplah tenang ketika keluar. Tes di kelas lain masih berlangsung.

Hurry up and get out!
Cepat dan segeralah ke luar!

Try not to make any noise as you leave.
Cobalah untuk tidak gaduh ketika kalian keluar.



Expressions of telling goodbye to students
English -Indonesian


Good bye, boys and girls.
Selamat tinggal, anak-anak.

Good bye, children.
Selamat tinggal anak-anak.

Goodbye, everyone.
Selamat tinggal, semuanya.

See you again on Friday.
Sampai ketemu han Jumat.

I’ll see you (all) again next Saturday.
Saya akan ketemu kalian lagi Sabtu depan.

I’ll be seeing some of you again after the  break.
Saya akan bertemu dengan beberapa dari kalian sesudah istirahat.

I’ll see you all again after the holiday.
Saya akan bertemu kalian lagi sesudah liburan.

See you tomorrow morning.
Sampai ketemu besok pagi.

See you in room 5 after the break.
Sampai ketemu lagi di ruang 5 sesudah istirahat.

Have a good holiday.
Semooga kalian rnenikmati liburan.

Enjoy your vocation.
Semoga kalian menikrnati liburan.

See you and take care.
Sampai keternu dan jaga diri kalian.

a. Dalam kegiatan penutup, akan jauh lebih baik ketika guru rnengingatkan
    kembali peserta didik mengenai materi yang sudah dipelajari pada han tersebut.
b. Guru pun diharapkan dapat mengingatkan peserta didik untuk rnenggunakan
    ekspresi-ekspresi yang sudah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
c. Guru pun mengingatkan peserta didik untuk terus benlatih dan tidak perlu
    merasa malu untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan seharian.
f
Share
t
g+
Share
?
k
8:21 PM

1 komentar untuk "cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII"

  1. dankbisaAugust 22, 2018 at 8:17 AM

    thanks for sharing,

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger