CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga

Saturday, April 12, 2014

Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga

Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga

Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan benar.
• Siswa mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
• Siswa mampu menyusun huruf menjadi namanama olahraga dengan tepat.
• Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.

Media dan Alat Pembelajaran:
Buku siswa

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:

−− Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
−− Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
−− Berapa banyak anak yang bermain bulu tangkis pada gambar?
−− Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
−− Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
−− Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
−− Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam melakukan olahraga tim?
−− Olahraga apa yang paling kamu sukai?
−− Olahraga apa yang baru kamu ketahui?

4. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
5. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
7. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang
sudah diketahui dan baru diketahui.

Mengenal Alat Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan benar.
• Setelah mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat
olahraga yang disukainya dengan rapi.
• Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
• Siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.

Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku siswa
• Pensil/pensil warna/krayon/spidol

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga
yang mereka ketahui dengan arahan guru.
2. Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru
sebagai berikut:
−− Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamubutuhkan?
−− dan seterusnya.

3. Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.

4. Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling berhubungan di buku siswa dengan menarik  garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.

5. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.

6. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema.
f
Share
t
g+
Share
?
k
9:13 PM

Belum ada komentar untuk "Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga"

Post a Comment

Newer Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ▼  April (39)
      • cara pembelajaran bahasa inggris smp kelas VII
      • Fokus Pembelajaran: IPA kelas IV SD
      • Fokus Pembelajaran: IPA, kelas IV SD
      • tema,Mengambar Ekspresi Sesuai Tema dan Membuat P...
      • tema Berburu Kata sambil Mengenal Panjang Pendek ...
      • tema Berlari sambil Menyusun Kata,sd kelas 1
      • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
      • Zat Padat, Cair, dan Gas, IPA kelas 7 Pertemuan III
      • Membedakan Makhluk Hidup dan Tak Hidup, IPA smp 7...
      • Tema Mengidentifikasi Benda-benda di Sekitar, sm...
      • Tema IPA Besaran Turunan kelas 7
      • Tema IPA Besaran Pokok Panjang, Massa dan Waktu se...
      • Tema Pengukuran Sebagai Bagian dari Pengamatan sm...
      • Tema Objek IPA dan Pengamatan smp kelas 7
      • Tema pembelajaran Membaca Puisi dan Membuat Ilustr...
      • Tema [embelajaran Melakukan dan Menghitung Hasil W...
      • Tema pemebelajaran Mengenal Tata Tertib Perpustak...
      • Tema pembelajaran Membuat Buku Sederhana ,sd kelas 1
      • Tema pembelajaran gemar membaca sd kelas 1
      • Tema Menggambar Ekspresi dan Pameran Sederhana di ...
      • Tema pembelajaran Membuat Gambar dari Bentuk Geome...
      • Tema pembelajaran Mengenal Pelukis Nasional dan Me...
      • Tema pembelajaran Mengenal Berbagai Teknik Menggam...
      • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur...
      • Membaca Mencari Kata Dan Berdiskusi tentang Kegem...
      • Bermain sambil Bernyanyi
      • Mengenal Tari Daerah dan Mewarnai Gambar
      • Menyusun Huruf dan Berhitung
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Membaca dan Menyusun Teks Lagu Dan Mengelompokkan ...
      • Mengidentifikasi Perbedaan Suara DAN Bernyanyi dan...
      • Mana yang Lebih Banyak dan Lebih Sedikit?
      • Bermain Kasti
      • Pengukuran dengan Lompat Jauh dan Bernyanyi Lagu B...
      • Belajar Berterima Kasih
      • Menceritakan Pengalaman Berolahraga
      • Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
      • Mendiskusikan Pentingnya Sikap Tertib
      • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan den...
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger