Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan macam-macam olahraga dengan benar.
• Siswa mampu membaca nyaring nama-nama olahraga dengan benar.
• Siswa mampu menyusun huruf menjadi namanama olahraga dengan tepat.
• Setelah menyusun huruf siswa mampu menulis nama-nama olahraga dengan benar.
Media dan Alat Pembelajaran:
Buku siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa diminta untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa.
2. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan isi gambar.
3. Contoh pertanyaan yang dapat diajukan:
−− Olahraga apa yang kamu lihat pada gambar?
−− Apa yang kamu ketahui tentang olahraga tersebut?
−− Berapa banyak anak yang bermain bulu tangkis pada gambar?
−− Berapa banyak anak yang bermain sepak bola pada gambar?
−− Berapa jumlah anak seluruhnya pada gambar?
−− Olahraga mana yang merupakan olahraga tim?
−− Sikap apakah yang penting ditunjukkan dalam melakukan olahraga tim?
−− Olahraga apa yang paling kamu sukai?
−− Olahraga apa yang baru kamu ketahui?
4. Siswa membaca nyaring nama-nama cabang olahraga dengan bimbingan guru.
5. Siswa menyusun huruf menjadi nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
6. Siswa menulis nama-nama cabang olahraga yang dipelajari.
7. Untuk mengonfirmasi pengetahuan siswa, guru meminta siswa untuk menuliskan olahraga yang
sudah diketahui dan baru diketahui.
Mengenal Alat Olahraga
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan memasangkan gambar siswa mampu mengidentifikasi alat-alat olahraga dengan benar.
• Setelah mampu mengidentifikasi alat olahraga, siswa mampu menggambar salah satu alat
olahraga yang disukainya dengan rapi.
• Dengan menggunakan gambar, siswa mampu menentukan pola gambar tertentu dengan tepat.
• Siswa mampu melengkapi pola gambar dengan tepat.
Media dan Alat Pembelajaran:
• Buku siswa
• Pensil/pensil warna/krayon/spidol
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa berdiskusi tentang cabang-cabang olahraga
yang mereka ketahui dengan arahan guru.
2. Siswa mendengarkan pertanyaan-pertanyaan guru
sebagai berikut:
−− Jika kamu ingin bermain sepak bola, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain bulutangkis, alat apa yang kamu butuhkan?
−− Jika kamu ingin bermain kasti, alat apa yang kamubutuhkan?
−− dan seterusnya.
3. Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat yang dipergunakan untuk berolahraga.
4. Siswa diminta menunjukkan pasangan gambar yang saling berhubungan di buku siswa dengan menarik garis. Misalnya, gambar bola dengan gambar lapangan bola dan gambar pelampung dengan kolam renang.
5. Kemudian, siswa memilih pasangan gambar yang disukai untuk dijadikan tema dalam menggambar.
6. Siswa menggambar dan mewarnai sesuai tema.