Mengenal Jenis-Jenis Bacaan
Tujuan Pembelajaran:• Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi minimal lima macam bacaan dengan benar.
• Setelah mengidentifikasi, siswa mampu membaca namanama alat olahraga dengan lancar.
Media dan Alat Pembelajaran:Aneka jenis buku (buku cerita, buku ilmu pengetahuan tentang binatang, tumbuhan, bunga, keindahan alam, kekayaan alam Indonesia, buku resep, buku model, buku lagu, buku pelajaran, dan lain-lain), majalah anak, dan koran anak.
Langkah-Langkah Kegiatan:1. Siswa menyimak guru menjelaskan jenis-jenis bacaan.
2. Siswa mengamati beberapa jenis buku atau bacaan anak yang dibawa guru (buku cerita, buku pelajaran, majalah, koran, dan komik).
3. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan lima orang siswa.
4. Masing-masing kelompok mendapatkan satu buah buku yang sudah disiapkan guru.
5. Siswa mengamati buku yang dibagikan guru.
6. Siswa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan guru yaitu sebagai berikut.
−− Buku apa yang didapat oleh kelompoknya?
−− Berapa banyak lembar buku tersebut?
−− Apa saja yang terdapat di halaman depan buku?
−− Gambar apa saja yang ada di dalam buku (Misalnya gambar orang, pohon, dan binatang)?
−− Ada berapa banyak gambar yang dimaksud (Ambil salah satunya saja, misalnya gambar orang atau pohon)?
−− Apa yang diceritakan dari buku tersebut?
−− Sukakah kelompokmu dengan buku tersebut?
7. Guru memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk melaporkan hasil pengamatannya.
8. Perwakilan dari kelompok secara bergantian menceritakan isi buku kelompoknya di depan kelas.
9. Siswa kelompok lain menyimak dan boleh bertanya.
10. Guru menyampaikan bahwa siswa akan banyak belajar membaca supaya bisa membaca banyak buku dan bertambah pandai.
11. Siswa membaca nama-nama jenis bacaan yang baru dikenalkan dibimbing guru.
12. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan di buku siswa.