CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII

Monday, September 1, 2014

Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII

Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan Kelas VII
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII
memiliki empat Kompetensi Inti dan 20 Kompetensi Dasar. Berbeda dengan
kurikulum sebelumnya, konsep Kompetensi Inti ini merupakan konsep yang baru.
Setiap kompetensi inti mempunyai kedudukannya masing-masing, yaitu:
• Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
• Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
• Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
• Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

KI-1, KI-2, dan KI-4 harus dikembangkan dan ditumbuhkan melalui proses
pembelajaran setiap materi pokok yang tercantum dalam KI-3. KI-1 dan KI-2
tidak diajarkan langsung (direct teaching), tetapi indirect teaching pada setiap kegiatan
pembelajaran.

Berikut ini dipaparkan penyebaran kompetensi inti dan kompetensi dasar
selengkapnya :

Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori

Kompetensi Dasar
1 Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia
   dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
1. Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para
    pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagaidasar negara
2. Menghargai perilaku sesuai norma- norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya
    dan masyarakat sekitar
3. Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4. Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya
    sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan
    RepubIik Indonesia (NKRI)

1 Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan
   dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
2 Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik
   Indonesia Tahun 1945
3 Memahami isi alinea Pembukaan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4 Memahami norma-norma yang berlaku dalamkehidupan bermasyarakat dan bernegara
5. Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
6. Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
7.Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika

1. Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara
     dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
2. Menyaji hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang- Undang Dasar
      Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3. Menyaji hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
     Tahun 1945
4. Menyaji hasil pengamatan tentang norma- norma yang berlaku dalam kehidupan
      bermasyarakat dan berbangsa
5. Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
6. Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati,
      dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
7. Menyaji hasil telaah tentang makna Bhinneka Tunggal Ika
8. Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap
      keutuhan nasional

Empat Kompetensi Inti (KI) yang kemudian dijabarkan menjadi 20 Kompetensi Dasar (KD) itu merupakan bahan kajian yang akan ditransformasikan dalam kegiatan pembelajaran selama satu tahun (dua semester) yang terurai dalam 32 minggu. Sesuai dengan sistem semester, maka 32 minggu itu dibagi menjadi d semester, semester pertama dan semester kedua. Setiap semester terbagi menjadi 16 minggu. Sehingga alokasi waktu yang tersedia adalah 3 x 40 menit x 32 minggu/ tahun atau 3 x 40 menit x 16 minggu/semester. Untuk efektivitas dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran pihak
pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku teks pelajaran untuk mata pelajaran PPKn Kelas VII. Berdasarkan jumlah KD terutama yang terkait dengan penjabaran KI-3, buku teks pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII disusun menjadi tujuh bab, yaitu:

a. Bab I : Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
b. Bab II : Menumbuhkan Kesadaran Berkonstitusi
c. Bab III : Berkomitmen terhadap Pokok Kaidah Negara Fudamental
d. Bab IV : Kepatuhan terhadap Norma
e. Bab V : Daerah Tempat Tinggalku,Negara Kesatuan Republik Indonesia Negaraku
f. Bab VI : Bertoleransi dalam Keberagaman
g. Bab VII : Memelihara Semangat Persatuan dan Kesatuan

f
Share
t
g+
Share
?
k
12:31 AM

Belum ada komentar untuk "Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ►  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ▼  2014 (44)
    • ▼  September (5)
      • Teknik penilaian kompetensi
      • Konsep Penilaian dalam Pembelajaran IPS
      • Pendekatan dan Model Pembelajaran IPS
      • Konsep dan Strategi Pembelajaran dalam Kurikulum 2...
      • Struktur Kurikulum Mata Pelajaran Pendidikan Panc...
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger