Menyimak Cerita Olahraga sambil Bermain
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan permainan “kuda bisik” siswa mampu mengucapkan kembali kalimat yang disimak dengan tepat
Media dan Alat Pembelajaran:
Buku siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa menyimak guru yang membacakan teks pendek tentang olahraga.
2. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru seputar teks yang baru dibacakan.
3. Siswa menyebutkan kata-kata yang belum dimengerti.
4. Siswa berlatih menyimak melalui permainan“Kuda Bisik”.
5. Siswa mendengarkan aturan permainan “Kuda Bisik”.
6. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok.
7. Siswa berbaris berbanjar ke belakang dalam kelompok masing-masing.
8. Satu perwakilan siswa dari kelompok masingmasing mendengarkan kalimat yang dibisikkan oleh guru.
9. Setelah mendengar aba-aba dari guru, setiap perwakilan siswa boleh membisikkan katakata yang didengarnya dari guru kepada teman di barisan paling depan.
10. Kemudian siswa di barisan paling depan membisikkan kalimat tersebut kepada teman di belakangnya dan seterusnya sampai kepada siswa yang berada di barisan paling belakang.
11. Setelah selesai guru meminta siswa di bagian paling belakang menyampaikan kalimat yang
didengarnya.
12. Guru mengecek kebenaran jawaban dan meneliti kesalahan penyampaian dengan meminta siswa mengulang apa yang telah dibisikkan pada teman.
13. Guru memberikan skor yang diperoleh masing-masing kelompok.
14. Permainan diulang dengan guru membisikkan kalimat-kalimat lain yang berhubungan dengan olahraga (misalnya, olahraga sepak bola dimainkan oleh sebelas orang dalam satu regu, dan kalimat lainnya).
15. Perwakilan kelompok harus dipilih secara bergilir.
16. Setelah waktu permainan habis siswa diminta menyampaikan perasaan dan pendapatnya mengenai kegiatan tersebut.
Membilang sambil Mengenal Olahraga Kegemaran Teman
Tujuan Pembelajaran:
• Dengan bermain kelompok siswa mampu membilang 1-20
Media dan Alat Pembelajaran:
Lembar kerja di buku siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang belajar menghitung bilangan 1-20.
2. Guru memilih tiga siswa berdasarkan olahraga kegemarannya.
−− Misalnya, siswa pertama gemar sepak bola, siswa kedua gemar bulutangkis, dan siswa
ketiga gemar pencak silat.
−− Siswa lainnya diminta untuk bergabung dengan salah satu dari ketiga siswa tersebut.
3. Siswa diminta menghitung jumlah anggota pada kelompoknya dengan bersuara.
4. Guru menuliskannya di papan tulis, misalnya sepak bola = 11 siswa, bulutangkis = 13 siswa, dan pencak silat = 16 siswa.
5. Permainan dapat diulang dengan kriteria yang berbeda, misalnya alat olahraga yang paling
disukai atau warna baju sepak bola yang paling disukai, dan seterusnya.
6. Hal yang perlu diperhatikan adalah pembagian kelompok maksimal sebanyaknya tiga kelompok.
7. Lakukan permainan ini berulang kali sehingga siswa punya banyak pengalaman dalam menghitung bilangan lebih dari 10.
8. Untuk membantu siswa menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan, sebaiknya guru menuliskan lambang bilangan dari setiap anggota kelompok.
9. Kegiatan ini diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan di buku siswa.