Tujuan pembelajaran:
- Dengan menyimak teks bacaan, gambar, dan penjelasan guru, siswa mampu menjelaskan pengaruh aktivitas fisik yang berbeda terhadap tubuh
- Dengan melakukan aktivitas fisik, siswa mampu menceritakan pengaruh beberapa aktivitas fisik terhadap tubuh
- Dengan menyimak teks percakapan dan menggali informasl dari bacaan, siswa mampu mengidentifikasikan faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem
- Dengan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan, sisvva mampu mengolah informasi tentang faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem
- Dengan melakukan riset sederhana, siswa mampu membuat laporan sederhana tentang faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem
- Dengan menyayikan salah satu lagu daerah, siswa mampu menjelaskan manfaat harmonisasi musik
- Dengan mengiringi lagu dengan musik, siswa mampu menyebutkan berbagai macam alat musik ritrnis
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Buku guru, buku siswa, kartu tanya, bangku untuk melakukan gerak naik turun dalam
olah raga, dan ceklis “Keterampilan Melakukan Gerakan Fisik” untuk mengukur
pencapaian kompetensi siswa.
Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Mulai kegiatan dengan membaca ilustrasi kegiatan yang dilakukan oleh SD Nusantara.
- Siswa mendiskusikan pemahaman mereka tentang arti latihan fisik, contoh-contohnya serta manfaat dan pentingnya bagi tubuh.
- Siswa kemudian membaca dan menganalisa gambar dan tahapan gerakan-gerakan olahraga, di antaranya gerakan turun bangku, berjalan sambil setengah jongkok, loncat ke depan, lari zigzag, dan lari ke berbagai arah
- Siswa melakukan pengamatan pada saat mempraktikkan gerakan-gerakan olahraga tersebut. (Kegiatan mengamati)
- Siswa kemudian mengidentifikasi hasil kegiatan dan gerakan olahraga mereka serta menganalisa otot bagian tubuh yang bekerja untuk melakukan gerakan-gerakan olahraga tersebut
- Siswa menulis hasil pengamatan dan analisa mereka dalam tabel pengamatan yang telah disediakan.
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan
- Pengetahuan tentang gerakan aktivitas fisik dalam olahraga, pengaruh dan manfaatnya bagi tubuh.
- Keterampilan dalam melakukan praktik aktivitas fisik melalui berbagai rangkaian gerakan yang dipelajari.
- Sikap mandiri dan percaya diri ketika mempelajari gerakan aktivitas fisik serta pada saat mempraktikkannya
- Gunakan ceklis “Keterampilan Melakukan Gerakan Fisik” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Siswa membaca ilustrasi bacaan tentang kondisi perubahan cuaca di bumi dan mengkaitkannya dengan konsep perubahan dalam suatu kondisi ekosistem.
- Siswa mengajukan pertanyaan serta mendiskusikan definisi perubahan dalam suatu ekosistem, bentuk perubahan yang dapat terjadi, faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem, dan akibatnya bagi keseimbangan suatu ekosistem. (Kegiatan Menanya)
- Siswa kemudian membaca saksama teks bacaan tentang perubahan suatu ekosistem.
- Siswa menganalisa beberapa informasi penting dari bacaan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan suatu ekosistem.
- Siswa menjawab pertanyaan yang disediakan untuk memahami kondisi perubahan pada ekosistem yang dapat memengaruhi komponen lainnya.
- Siswa juga mengidentifikasi contoh-contoh perubahan ekosistem dari waktu ke waktu serta pengaruh keadaan yang ditimbulkannya terhadap lingkungan maupun makhluk di sekitarnya.
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan:
- Pengetahuan akan konsep perubahan dalam suatu ekosistem, faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem, dan pengaruhnya bagi lingkungan maupun makhluk hidup di lingkungannya.
- Keterampilan siswa dalam membaca, mencari informasi yang penting dalam bacaan serta menjawab pertanyaan berdasarkan materi bacaan.
- Sikap cermat dan teliti dalam mencari informasi serta rasa kemandirian dalam melakukan kegiatan.
- Gunakan rubrik “Keterampilan Membaca” dan “Ceklis Menjawab Pertanyaan berdasarkan Bacaan” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan:
- Siswa membentuk kelompok kemudian berkolaborasi dalam kegiatan selanjutnya.
- Siswa akan melakukan kegiatan membandingkan dan membedakan kondisi sebuah ekosistem yang belum dan sudah mengalami perubahan.
- Siswa akan menggunakan kertas A4 yang akan dibagi menjadi dua sisi.
- Siswa menganalisa dan mendiskusikan perbandingan dan perbedaan pada sisi tiap gambar secara berkelompok.
Siswa akan menggambar kondisi ekosistem pada saat musim penghujan di sisi sebelah kiri lengkap dengan kondisi alamnya, tumbuhan dan hewan yang berinteraksi di sana. Sedangkan di sisi kanan adalah keadaan ekosistem pada saat musim kemarau, lengkap dengan kondisi alamnya, tumbuhan dan hewan yang berinteraksi di sana.
- Siswa perlu memperhatikan keindahan gambar, warna-warna yang jelas dan menarik, dan dengan memperhatikan komposisi dan proporsi.
- Siswa kemudian menuliskan keterangan yang sesuai mengenai kondisi di masingmasing gambar secara jelas dan mudah dipahami
- Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil pekerjaan mereka di depan kelas. (Kegiatan Mencoba)
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan:
- Pengetahuan untuk membandingkan dan melihat secara jelas dan rinci tentang perbedaan kondisi suatu ekosistem sebelum dan setelah terjadi perubahan.
- Keterampilan siswa dalam menyajikan gambar perbedaan kondisi suatu ekosistem sebelum dan setelah terjadi perubahan sesuai dengan pengetahuan mereka.
- Sikap cermat dan teliti serta kerja sama dalam kelompok dalam menyajikan gambar serta mempresentasikannnya dengan sikap percaya diri.
- Gunakan rubrik “Keterampilan Menganalisa Perbandingan Gambar” dan “Rubrik Kerja Sama Kelompok” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan:
- Siswa berkolaborasi dengan kelompok untuk melakukan sebuah riset sederhana tentang perubahan yang terjadi di sebuah ekosistem. Siswa bekerja berdasarkan petunjuk yang diberikan guru dan mencari informasi-informasi yang penting dalam riset mereka
- Siswa merumuskan dan bekerja berdasarkan target penilaian kegiatan riset dan kegiatan menulis peta pikiran mereka secara berkelompok.
- Siswa memilih satu jenis ekosistem, baik ekosistem air maupun darat.
- Siswa melakukan kegiatan pengamatan terhadap ekosistem yang mereka pilih, kemudian menuliskan hasil pengamatan mereka dalam catatan riset mereka.
- Siswa mengamati dan mencatat setiap perubahan yang terjadi, dan juga akibat perubahan terhadap komunitas dan populasi yang ada pada ekosistem tersebut.
Siswa melaporkan dan memetakan hasil pengamatan/riset mereka di dalam sebuah peta pikiran. Siswa juga menambahkan gambar hewan dan tumbuhan apa saja yang mengalami perubahahan dalam keterangan di setiap cabang peta pikiran mereka
- Siswa mendekorasi peta pikiran mereka secara kreatif agar menarik.
- Siswa kemudian berkelompok mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas secara bergantian dan mendiskusikan pertanyaan yang akan timbul berkaitan dengan hasil karya mereka.
- Siswa pun mendiskusikan ilustrasi percakapan dan memberikan pendapat mereka tentang efek perubahan pada suatu ekosistem terhadap populasi dan keberlangsungan/daya bertahan habitat makhluk hidup dalam ekosistem tersebut. (Kegiatan Mengasosiasikan dan Mengkomunikasikan).
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan
- Pengetahuan akan proses perubahan yang terjadi pada suatu ekosistem baik ekosistem darat, maupun air yang mengalami perubahan kondisi pada saat musim penghujan maupun musim kemarau.
- Keterampilan siswa dalam melakukan riset sederhana serta menulis laporan hasil riset mereka dalam sebuah peta pikiran
- Sikap mandiri, cermat dan teliti dalam melakukan studi riset mereka secara berkelompok dan percaya diri ketika mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas.
- Gunakan rubrik “Riset Sederhana” dan “Menulis Peta Pikiran” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan
- Siswa mendiskusikan kembali pengetahuan yang mereka miliki tentang lagu tradisional dan alat musik ritmis yang mereka ketahui atau pernah mereka pelajari.
- Siswa mengingat kembali jenis-jenis dan ciri-ciri alat musik ritmis, serta cara memainkannya.
- Siswa kemudian memilih salah satu lagu daerah kesukaan mereka
- Siswa mempelajari birama, tempo dan ketukan lagu yang mereka pilih.
- Guru mengingatkan kembali pengertian tentang birama, tempo, dan ketukan lagu.
- Siswa menentukan alat musik ritmis yang mereka sukai atau miliki yang akan digunakan untuk mengiringi lagu tradisional yang mereka pilih.
- Siswa berlatih menyanyikan lagu daerah/ tradisional dengan iringan alat musik ritmis dengan memperhatikan birama, tempo, dan ketukan yang sesuai. (Kegiatan Mengkomunikasikan) Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat mengembangkan:
- Pengetahuan akan macam-macam lagu daerah, jenis dan ciri alat musik ritmis sederhana serta cara-cara memainkannya.
- Keterampilan siswa dalam menyanyikan lagu daerah serta keterampilan memainkan alat musik ritmis dengan memperhatikan birama, tempo, dan ketukan yang sesuai.
- Sikap percaya diri dalam bernyanyi dan mengiringi lagu tradisional menggunakan alat musik ritmis yang mereka pilih.
- Gunakan Ceklis dan rubrik “Menyanyikan lagu Daerah” dan “Memainkan alat Musik Ritmis” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa