Tujuan pembelajaran:
- Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru dan pengaruhnya terhadap kebugaran jasmani dengan cermat
- Dengan berlatih dan bermain permainan Lari Beregu, siswa mampu menjaga irama lari dalam lari jarak menengah sebagai bentuk latihan menguatkan daya tahan jantung dan paru dengan percaya diri
- Dengan melakukan riset sederhana, siswa mampu mengidentifikasikan komponen di dalam sebuah ekosistem dengan teliti
- Dengan melakukan riset sederhana, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri beberapa jenis ekosistem dengan percaya diri
- Dengan menggali informasi dari teks bacaan, siswa mampu menjelaskan tentang jenis ekosistem dengan mandiri
- Dengan mengolah informasi dari bacaan, sisawa mampu menyajikan informasi dalam bentuk peta pikiran dengan teliti
- Dengan menyanyikan lagu daerah, siswa mampu memberikan pendapat tentang manfaat harmonisasi musik dengan percaya diri
- Dengan berdiskusi bersama temannya, siswa mampu menyebutkan berbagai macam alat musik ritmis dengan mandiri
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Buku guru, buku siswa, dan Kartu tanya.
Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-Langkah:
- Siswa merumuskan tujuan pembelajaran yang yang akan dicapai melalui serangkaian kegiatan hari ini.
- Mulai kegiatan dengan membaca dan berdiskusi tentang permainan dalam kegiatan olahraga yang dapat meningkatkan daya tahan jantung dan paru.
- Siswa mempelajari aturan dalam menjaga irama lari dalam lari jarak menengah dalam permainan lari beregu. (Kegiatan mengamati)
- Siswa mempelajari hal-hal yang diperlukan, aturan atau langkah-langkah yang harus dilakukan dalam bermain Lari Beregu
- Siswa mempraktikkan teknik berlari dan mengambil bendera untuk menambah angka.
- Siswa membentuk kelompok, kemudian mempraktikkan pengetahuan, aturan atau langkah-langkah permainan yang sudah diberikan melalui instruksi.
- Siswa mendiskusikan nilai positif yang dapat mereka dapatkan dalam permainan tim Lari Beregu, diantaranya nilai kerja sama dalam tim dan sikap sportivitas dalambermain.
Hasil yang diharapkan:
- Pemahaman akan unsur-unsur penting dalam melakukan lari beregu, aturan permainan, serta strategi mencetak poin dalam permainan Lari Beregu.
- Keterampilan dalam berlatih untuk menjaga irama lari dalam teknik lari jarak menengah dan keterampilan menerapkan strategi permainan dan kerja sama dalam tim
- Sikap percaya diri, cermat dan teliti dalam mempelajari dan mengembangkan strategi dan praktik permainan Lari Beregu
- Gunakan rubrik “Keterampilan Pengetahuan dan Praktik Bermain Lari Beregu” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa.
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Siswa membaca teks bacaan tentang Jenis-Jenis Ekosistem secara saksama.
- Siswa mengamati dan mencari informasi penting dari bacaan dan mengidentifikasikan komponen-komponen sebuah ekosistem, jenis-jenis ekosistem yang ada di dunia beserta ciri-ciri dan karakteristiknya dengan cermat dan teliti. (Kegiatan Mengamati)
- Siswa mendiskusikan pemahaman mereka dari kegiatan membaca tentang ekosistem, jenis, ciri-ciri dan karakteristiknya
- Siswa merumuskan hal-hal yang mereka ingin ketahui lebih dalam dalam topik ekosistem dan menuliskan daftar pertanyaan mereka di Kartu Tanya. (Kegiatan Menanya)
- Siswa kemudian memetakan pemahaman mereka tentang jenis-jenis ekositem, ciri khusus dan karakteristiknya dalam sebuah peta pikiran. (Kegiatan Mencoba)
- Siswa membuat target pencapaian peta pikiran mereka secara menarik dan kreatif sesuai dengan kriteria penilaian pembuatan peta pikiran.
Hasil yang Diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan:
- Pemahaman akan jenis-jenis ekosistem di dunia dengan ciri khusus dan karakteristiknya
- Keterampilan siswa dalam membaca, mencari informasi yang penting dalam bacaan serta memetakan pemahaman mereka secara mandiri
- Sikap cermat dan teliti dalam mencari informasi serta mengelompokkan jenis-jenis ekosistem di dunia dan ciri khususnya
- Gunakan rubrik “Peta Pikiran” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Siswa membentuk kelompok dan berkolaborasi denganteman dalam kegiatan riset sederhana untuk membuat album ekosistem. (Kegiatan Mencoba)
- Siswa mendengarkan instruksi/urutan kegiatan serta hal-hal yang harus dicapai dalam kegiatan riset sederhana.
- Siswa memilih salah satu ekosistem yang telah mereka ketahui berdasarkan kesepakatan kelompok.
- Siswa bersama teman sekelompok mencari informasi dari berbagai sumber untuk melengkapi informasi tentang jenis ekosistem yang mereka pilih serta mencari atau membuat gambar secara mandiri tentang ekosistem, ciri dan karakteristik, dan unsur-unsur pendukungnya.
- Siswa membuat album ekosistem mereka di media kertas A4 serta mendekorasinya dengan menarik dan kreatif.
- Siswa membuat dan bekerja sesuai dengan target pencapaian dan kriteria penilaian dalam pembuatan Album Ekosistem secara berkelompok.
- Siswa kemudian berkelompok mempresentasikan hasil karya mereka di depan kelas secara bergantian dan mendiskusikan pertanyaan yang akan timbul berkaitan dengan hasil karya mereka.
Hasil yang Diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan:
- Pemahaman akan jenis-jenis ekosistem di dunia dengan ciri khusus dan karakteristiknya
- Keterampilan siswa dalam menjelaskan pemahaman mereka secara tertulis maupun menyampaikannya secara lisan
- Sikap kerjasama, cermat dan teliti dalam mencari informasi serta menuliskan pemahaman mereka secara berkelompok tentang jenis-jenis ekosistem dan karakteristiknya.
- Gunakan rubrik “Keterampilan Proyek Membuat Album Ekosistem” dan “Keterampilan Presentasi” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan:
- Siswa mencerna teks lagu tradisional Kampuang Nan Jauh Dimato. (Kegiatan Mengasosiasikan dan Mengkomunikasikan)
- Siswa mendiskusikan dan memahami arti harmoni dalam kegiatan bermusik dan bernyanyi dengan bantuan guru.
- Siswa menyanyikan lagu daerah Kampuang Nan Jauh Di Mato dengan memperhatikan harmoni sesuai dengan pemahaman mereka.
- Siswa menyampaikan pendapat mereka tentang penting atau tidaknya harmonisasi dalam lagu.
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan:
- Pemahaman akan konsep dan arti harmoni dalam bernyanyi dan bermain musik.
- Keterampilan siswa dalam menyanyikan lagu tradisional dengan memperhatikan harmonisasi
- Sikap percaya diri dalam menyanyi dan mempraktikan pengetahuan dalam harmonisasi.
- Gunakan rubrik “Menyanyi dengan Harmonisasi” untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Setelah berdiskusi untuk memahami harmonisasi dalam lagu.
- Siswa bersama teman mengidentifikasikan arti dan cara memainkan alat musik ritmis.
- Siswa melakukan riset sederhana tentang berbagai macam alat musik sederhana beserta gambarnya dari berbagai sumber atau media. Siswa juga menuliskan informasi alat musik ritmis yang mereka temukan secara rinci diantaranya nama alat musik ritmis, cara memainkannya dan materi yang digunakan untuk alat musik ritmis tersebut dalam sebuah tabel. (Kegiatan Mengasosiasikan dan Mengkomunikasikan)
- Siswa juga dapat menggambar alat musik tersebut secara mandiri
Hasil yang diharapkan:
Melalui kegiatan ini diharapkan
- Pemahaman akan konsep dan arti alat musik ritmis dan variasi suara dan cara memainkannya
- Keterampilan siswa dalam memainkan alat musik ritmis.
- Sikap percaya diri siswa dalam memainkan alat musik ritmis.