Tujuan Pembelajaran
- Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kegiatan manusia terhadap alam
- Dengan memahami teks, siswa dapat menuliskan informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia.
- Dengan membaca bacaan, siswa menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam.
- Dengan memahami isis bacaan, siswa menuliskan informasi dari bacaan tentang permasalahan terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia.
- Dengan mencermati sekumpulan data, siswa dapat mengurutkan sekumpulan data.
- Dengan wawancara, siswa menentukan informasi yang akan dikumpulkan dan sumbersumber yang tepat untuk memperoleh informasi tersebut.
- Membuat daftar pertanyaan yang tepat untuk mengumpulkan informasi.
- Melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dengan pencatatan langsung dan dengan lembar isian.
Media/ Alat Bantu Belajar
Gambar, buku, teks tentang banjir yang melanda Jakarta dan teks tentang sekumpulan
data mengenai luas lahan dan curah hujan.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
- Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar yang merangkum kompetensikompetensi yang akan dipelajari. .
- Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh-contoh kondisi lingkungan alam sekitar
- Biarkan siswa mengamati dan menganalisis gambar secara cermat .
- Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa berdasarkan pengamatan gambar.
- Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
Catatan:
- Eksplorasi : ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
- Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis
- Komunikasi:Fasilitasi sebuah diskusi kelas di mana siswa mengomunikasikan hasil pencariannya.
Catatan :
• Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan
berkembangnya keterampilan mengamati.
• Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian , dengan
melihat ketepatan jawaban siswa.
• Guru memberikan penilaian jawaban siswa pada RUBRIK MENGAMATI GAMBAR.
Hasil yang diharapkan
- Siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
- Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
• Pada kegiatan: Ayo, Bacalah: siswa membaca bacaan berjudul Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?
Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif 3:
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan :
• Siswa gemar membaca
• Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan
• Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui contoh-contoh perubahan alam yang disebabkan karena kegiatan manusia
Langkah-Langkah Pembelajaran :
• Selesai membaca, siswa diminta untuk membuat peta pikiran atau mind map.
• Peta pikiran atau Mind map dibuat berdasarkan informasi yang terdapat dalam bacaan, yakni
tentang banjir yang terjadi di Jakarta.