Membangun Konteks
- Sebelum pembelajaran dimulai, guru memperkenalkan diri. Setelah itu, guru menjelaskan tema, latar belakang, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Guru juga menjelaskan keterkaitan tema dengan teks cerita fabel yang akan dibahas dalam pembelajaran Bab I.
- Guru mengawali pembangunan konteks dengan memberikan pengantar tentang tokoh dan karakter binatang dalam cerita fabel yang mencerminkan karakter dan perilaku manusia, seperti anjing memiliki sifat kesetiaan, singa memiliki sifat kepemimpinan yang kuat, dan semut memiliki sifat kerja sama.\
- Guru membuka wawasan siswa dengan membacakan puisi bertema fauna yang berjudul “Gajah” karya Taufiq Ismail agar siswa lebih tertarik pada tema pembelajaran. Puisinya sebagai berikut.
GAJAHKarya Taufiq Ismail
Anak-anak, pernahkah kamu melihat gajah?
Di kebun binatang atau dalam buku sekolah?
Binatang ini badannya besar sekali
Dan lihatlah, juga teramat tinggi
Kedua telinganya lebar melambai-lambai
Hidungnya panjang, bernama belalai
Tapi matanya kecil dan tampak tidak sesuai
Kedua gadingnya tampak pula terjulai
Gajah itu sampai empat meter tingginya
Aduh aduh, bukan kepalang tingginya
Dapatkah engkau menerka berapa berat badannya?
Enam ribu kilogram kira-kira berat tubuhnya
Belalai itu amatlah kuatnya
Kayu yang besar dapat diangkatnya
Tapi juga untuk menghisap air dan mengambil makanan
Lalu ke dalam mulutnya dia masukkan
Gajah itu tinggal di hutan berkawan-kawan
Di Afrika, India, dan Sumatera bagian selatan
Bila sudah jinak pandailah dia bermain di sirkus
Misalnya menari-nari atau berdiri di atas dua kakiGuru meminta siswa membaca ulang puisi tersebut atau puisi lain tentang binatang. Kemudian, siswa diminta mengajukan beberapa pertanyaan atau guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan puisi tersebut.
4. Guru menampilkan Gambar 1 tentang kerja sama semut membangun jembatan agar
siswa memahami pentingnya kerja sama dalam mencapai kehidupan harmonis.
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang gambar tersebut, kemudianmeminta siswa menjawab dan mendiskusikan pertanyaan berikut.
1) Apakah siswa biasa membantu orang tua, guru, atau teman?
2) Dalam hal apa siswa membantu teman?
3) Mengapa siswa harus membantu teman?
4) Apakah siswa bisa hidup dengan baik tanpa bantuan orang tua, guru, atau teman?
5) Apa akibatnya jika siswa tidak mau membantu orang-orang di sekelilingnya?
5. Guru juga mengajukan, antara lain, pertanyaan berikut yang terkait dengan sikap siswaterhadap binatang-binatang di sekitar tempat tinggalnya. Tujuannya adalah untumembangun sikap spiritual dan sosial siswa terhadap binatang sebagai ciptaan Tuhan.
- Siapa yang memiliki boneka binatang, bintang peliharaan, atau binatang ternak di rumah?
- Apakah siswa pernah membantu memberi makan binatang-binatang itu?
- Tuhan telah menciptakan binatang di sekitar kita. Binatang itu bisa kita makan sebagai sumber protein, bisa kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita, sapi dapat kita gunakan sebagai penarik gerobak, atau burung yang dapat berkicau yang dapat menghibur kita. Bagaimana sikap kita kepada Tuhan yang telah menciptakan binatang-binatang tersebut?
- Bagaimana sikap siswa terhadap binatang-binatang yang dilindungi? Bentuk sayang apa yang dapat diberikan pada binatang-binatang itu? Guru meminta siswa menyebutkan contoh dan mendiskusikannya. Jika ada jawaban siswa yang tidak sesuai dengan konsep cinta terhadap binatang, guru meluruskan pendapat tersebut.