SUBTEMA 1 : Hewan di Sekitarku
Pemetaan Kompetensi Dasar 1 dan 2
Bahasa Indonesia
- Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
- Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah
PJOK
- Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan.
- Berdisiplin terhadap keselamatan diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran
Laporan Teks Sederhana tentang HewanLangkah-langkah Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran
- Dengan mengamati gambar Lani dan ayam peliharaannya, siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap peduli.
- Dengan penugasan dan tanya jawab tentang gerakan ayam, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa ingin tahu yang tinggi
- Dengan tanya jawab dan penugasan pada lembar kerja, siswa dapat menentukan gerakan binatang tanggung jawab.
- Dengan teks laporan tentang ayam, siswa dapat membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di lingkungan sekitar dengan rasa ingin tahu yang tinggi dan sikap peduli.
- Dengan melengkapi kalimat yang terdapat pada buku siswa, siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang pengamatan hewan di lingkungan sekitar tanggung jawab dengan sikap peduli.
- Dengan gambar binatang dan penugasan, siswa dapat membandingkan hasil pengukuran berat dua benda dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
- Dengan menjawab soal berkaitan dengan hasil pengukuran dan penugasan, siswa dapat mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan jenisnya tanggung jawab.
- Dengan mengamati gambar Burung Garuda Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dengan rasa ingin tahu yang tinggi.
- Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menunjukkan perilaku di sekitar rumah yang sesuai dengan sila-sila pada Pancasila dengan tanggung jawab.
- . Dengan penugasan, siswa dapat menceritakan perilaku yang dilakukan di sekitar rumah yang sesuai dengan simbol-simbol Pancasila dengan tanggung jawab.
Media dan Alat Pembelajaran
1. Gambar Lani dengan ayamnya.
2. Gambar pengukuran binatang.
3. Gambar Burung Garuda Pancasila.
Kegiatan Remedial
- Jika siswa masih kesulitan untuk membaca nyaring teks laporan sederhana tentang hewan di sekitar, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.
- Jika siswa masih kesulitan untuk membandingkan hasil pengukuran berat dua benda, maka guru memberikan latihan terbimbing dan penugasan di rumah
- Jika siswa masih kesulitan untuk mengidentifikasi berbagai bentuk gerak binatang, maka guru membimbing siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerakan dan dibantu temannya.
- Jika siswa sudah mampu mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila, maka guru dapat memberikan latihan terbimbing dan penugasan latihan di rumah.