TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
- Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahanperubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
- Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
- Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
- Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
Media/ Alat Bantu BelajarBuku, teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak
selaras dengan lingkungan
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
- Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai
- Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat .
- Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar
- Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
Catatan:
- Eksplorasi : ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
- Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadisebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
- Komunikasi :Fasilitasi sebuah diskusi kelas di mana siswa mengomunikasikan hasil pencariannya.
Pada kegiatan EKSPLORASI: siswa mengamati dan mengidentifikasi perubahanperubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.
- Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya ke dalam tabel.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.
Catatan :
- Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengamati.
- Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian , dengan melihat ketepatan jawaban siswa.
- Guru memberikan penilaian jawaban siswa pada rubrik RUBRIK MENGAMATI GAMBAR.
Hasil yang diharapkan :
• Siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
• Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
• Pada kegiatan: AYO, MEMBACA: siswa membaca bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa Begitu?
Alternatif kegiatan membaca:1. Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa
diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan\
bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan :
• Siswa gemar membaca.
• Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan
• Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui contoh-contoh perubahan wujud benda.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
- Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
- Setelah membaca dan memahami kosakatakosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
Alternatif jawaban:1. - Kosakata baku adalah kosakata yang sesuai dengan yang disempurnakan dan kaidah
kebahasaan Indonesia
- Kosakata tidak baku adalah kosakata yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan
dan kaidah kebahasaan Indonesia.
2. Perubahan wujud benda pada bacaan: Penguapan, pencairan
Hasil yang diharapkan :• Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
• Siswa menunjukkan kosakata baku dan kosakata tidak baku.
• Siswa menemukan contoh-contoh perubahan wujud.
Langkah-Langkah Pembelajaran :• Pada kegiatan: AYO, BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.
Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
- Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
- Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
- Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta
- Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi
- Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara
- Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
- Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Hasil yang diharapkan
- Siswa memiliki keterampilan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar.
- Siswa menyebutkan perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar
- Siswa memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
- Siswa menerapkan kerja sama dan berani mengungkapkan pendapat dalam diskusi