CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

Tuesday, April 14, 2015

RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Diskusi

Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Diskusi
Pada Tugas 3 ini guru meminta siswa menelaah teks diskusi secara mandiri. Teks diskusi yang akan ditelaah dapat dicari di majalah, koran, atau internet. Penelaahanmeliputi struktur teks, ejaan, kalimat, dan kata hubung perlawanan. Selanjutnya, secara mandiri guru menugasi siswa untuk mengerjakan tugas-tugas berikut.
  1.  Guru meminta siswa membuat frasa (kelompok kata) terdiri atas 2—3 kata yang berhubungan dengan dampak teknologi, sekurang-kurangnya sepuluh kelompok kata.
  2. Guru meminta siswa membuat kalimat yang berhubungan dengan dampak  teknologi dengan menggunakan kata hubung perlawanan sepuluh kalimat.
  3. Guru meminta siswa menandai dan mengidentifikasi kata hubung dalam teks tersebut.
Pada bagian ini guru bisa menilai tugas siswa secara mandiri
Tugas 4 Membandingkan Teks Diskusi dengan Teks Eksposisi
Pada Tugas 4 ini guru meminta siswa membandingkan teks diskusi dan teks eksposisi. Guru meminta membandingkan struktur teks, unsur kebahasaan, atau isi teks. Contoh teks yang dibandingkan adalah sebagai berikut.

Sanksi yang Cocok bagi Pelajar Nakal
Akhir-akhir ini tindakan kriminal yang dilakukan oleh pelajar di kota-kota besar sangat memperihatinkan. Mereka tidak hanya bersekolah, tetapi juga melakukan perusakan, perkelahian, dan bahkan pembajakan sebuah bus. Salah satu pejabat menginstruksikan kepada kepala dinas Pendidikan (Disdik) setempat untuk memberikan sanksi kepada para pelajar nakal yang telah melakukan tindak kriminal. Masyarakat pada umumnya setuju bahwa pelajar yang melakukan tindakan kriminal perlu diberi sanksi. Bentuk sanksi apa yang diberikan? Sampai saat ini masih terjadi perdebatan di kalangan masyarakat.

Sebagian masyarakat mengusulkan ada tiga sanksi tegas yang direkomendasikannya. Pertama, pelajar-pelajar tersebut dipindahkan dari sekolah asalnya ke sekolah lain. Murid-murid yang nakal biasanya berkelompok. Dengan demikan, pindahkan mereka ke sekolah lain, tetapi disebar, hingga benar-benar terpisah satu sama lain dan diharapkan tidak melakukan tindak kriminal lagi.. Kedua, yakni sanksi tidak naik kelas kepada seluruh pelajar yang terbukti telahmelakukan tindakan-tindakan yang merugikan serta membahayakan keselamatan orang lain.

Saksi ketiga, kalau kedua hukuman itu ternyata tidak berhasil mengubah perilakunya, mahasiswa bermasalah tersebut dikeluarkan dari sekolahnya saat ini dan dikembalikan kepada orang tua masing-masing. Meski begitu, pejabat itu sempat mengritik guru-guru di sekolah yang masih belum mampu mendidik siswa-siswinya untuk menjauhi perilaku-perilaku negatif.

Saksi ketiga, kalau kedua hukuman itu ternyata tidak berhasil mengubah perilakunya, mahasiswa bermasalah tersebut dikeluarkan dari sekolahnya saat inidan dikembalikan kepada orang tua masing-masing. Meski begitu, pejabat itu sempatmengritik guru-guru di sekolah yang masih belum mampu mendidik siswa-siswinyauntuk menjauhi perilaku-perilaku negatif.

Setiap hari, murid-murid selalu berinteraksi dengan para guru. Jadi, sudah seharusnya guru mengawasi, memantau serta membimbing siswa untuk tidakmelakukan tindakan-tindakan yang merugikan orang lain.Pada prinsipnya, sanksi bagi pelajar yang nakal boleh saja dilakukan. Meskipundemikian, sanksi itu harus mendidik siswa untuk mengubah perilakunya menjadi lebihbaik. Jika sanksi itu tidak tepat, bukan tidak mungkin siswa itu akan semakin nakal.

Guru meminta siswa membaca dan mengamati teks “Sanksi yang Cocok Bagi Pelajar Nakal” dengan cermat. Kemudian, guru meminta siswa menentukan struktur teks tersebut, serta ciri-ciri kebahasaannya.

Setelah membaca dan membandingkan dua teks diskusi dan teks eksposisi di atas, guru meminta siswa menjawab pertanyaan berikut.
1). Apa perbedaan antara teks diskusi dan teks eksposisi? Siswa diminta menjelaskan jawabannya.
2). Apa persamaan antara teks diskusi dan teks eksposisi? Siswa diminta menjelaskan jawabannya.

f
Share
t
g+
Share
?
k
11:25 AM

Belum ada komentar untuk "RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Diskusi"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ▼  April (12)
      • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Mengguna...
      • kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema manusia dan ...
      • Model-model Pembelajaran IPS smp kelas 07
      • Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubu...
      • RPP smp kelas 8 Mengulas Berbagai Karya Sastra
      • RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Dis...
      • Kegiatan pembelajaran smp kelas 8 tema Pemodelan T...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Tek...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks ...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema pemodelan teks...
      • model pembelajaran smp kelas 8 tema membangun konteks
      • CARA PEMBELAJARAN SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM SD KE...
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger