Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem
Tujuan pembelajaran
- Dengan mencermati gambar dan dialog percakapan, siswa menjelaskan cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan cerma
- Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu membuat pertanyaan tentang tentang cara mahluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan teliti
- Dengan membuat ringkasan siswa mampu menceritakan teks tentang cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan percaya diri
- Dengan mengamati dan mencermati gambar, siswa mampu menjelaskan cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan mandiri
Dengan mengolah informasi dari teks percakapan, siswa mampu mendeskripsikan
urutan rantai makanan dan jaring-jaring makanan mahluk hidup dalam ekosistem
dengan teliti
• Dengan menyimak penjelasan di buku dan melakukan latihan, siswa mampu menentukan
perpangkatan tiga dengan cermat
• Dengan mencermati penjelasan gambar dan melakukan latihan mandiri, siswa mampu
menentukan volume kubus menggunakan kubus satuan dengan mandiri
Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Buku guru, buku siswa, benda berbentuk balok, dan kartu tanya
Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa mencermati 4 gambar yang berbeda yang disajikan di buku siswa
- Siswa dengan bantuan guru mencoba untuk mengidentifikasi apa saja yang mereka lihat dari gambar dan mencari persamaan dan perbedaan dari keempat gambar tersebut
- Dengan bantuan guru, siswa menghubungkan keempat gambar tersebut dengan cara makhluk hidu berinteraksi dalam sebuah ekosiste
- Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang caracara makhluk hidup berinteraksi dengan menggunakan gambar hubungan lebah madu dengan koloninya, kupu-kupu dengan bunga, tanaman anggrek dengan tanaman yang ditempelinya, dan tanaman tali putri
Hasil yang Diharapkan:
• Rasa ingin tahu siswa tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mengamati dan mencermati gambar
• Sikat kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa menggali informasi dari teks bacaan yang disajikan
- Siswa menggaris bawah informasi penting yang ditemukan di setiap paragraf
- Dengan bantuan guru, siswa mencari keterkaitan antara informasi bacaan dengan cara cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
- Dengan bantuan guru, siswa mencoba mencari informasi dari bacaan tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
- Dengan bantuan guru, siswa melihat kembali gambar-gambar yang disajikan di buku siswa pada awal pembelajaran dan mencoba mengidentifikasi cara makhluk hidup berinteraksi pada tiap gambar berdasarkan informasi dari bacaan
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mencari informasai dari bacaan
• Ketekunan dan kecermatan siswa dalam membaca informasi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya lebih dalam tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem.
- Berdasarkan informasi yang sudah diperoleh, dengan bantuan guru, siswa bersama dengan kelompoknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik bahasan dengan menuliskannya di kartu tanya.
- Setiap kelompok menukarkan pertanyaannya dengan kelompok lain, dan berusaha untuk berdiskusi menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
- Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, pada bagian ini guru membimbing siswa untuk mencatat hal-hal penting yang mereka dapatkan dari hasil diskusi kelompok lain sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang lebih kaya.
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara- cara mahkluk hidup berinteraksi dalam ekosistem
• Keterampilan siswa dalam membuat pertanyaan dan berdiskusi mencari penyelesaiannya
• Sikap kerjasama dalam kelompok ketika berdiskusi
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa merangkum pemahamannya tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dalam bentuk kesimpulan bacaan.
- Siswa menggunakan keterampilannya dalam menggali informasi untuk mencari ide pokok dari setiap paragraf dalam bacaan dan menuliskannya di kolom yang disediakan.
- Berdasarkan ide pokok-ide pokok yang sudah dituliskan tersebut, siswa membuat sebuah ringkasan bacaan yang mencakup semua ide pokok dari tiap paragraf.
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mengidentifikasi ide pokok bacaan
• Keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan bacaan
• Sikap kemandirian siswa dalam membuat ringkasan
Gunakan rubrik “Ringkasan” dalam mengukur tingkat ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa mencermati teks percakapan, dimana dalam percakapan tersebut terdapat informasi tentang urutan rantai makanan dalam sebuah ekosistem.
- Siswa dengan bantuan guru mengidentifikasikan urutan rantai makanan pada ekosistem yang dibahas pada teks percakapan (guru memberikan penjelasan lebih lanjut tentang rantai makanan).
- Siswa mencermati kembali gambar-gambar yang disajikan pada awal pembelajaran, siswa mendeskripsikan tiap gambar dan menuliskannya pada kolom keterangan gambar.
- Pada kolom ketiga, siswa memilih tipe interaksi yang terjadi berdasarkan gambar dengan melingkari salah satu pilihan dari pilihan-pilihan yang diberikan.
• Pada kolom keempat, siswa diminta untuk memberikan contoh interaksi makhluk hidup lain yang memiliki tipe yang sama dengan gambar yang disajikan.
Hasil yang Diharapkan:
- Pengetahuan siswa tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
- Pengetahuan siswa tentang urutan rantai makanan
- Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan tipe interaksi makhluk hidup dan urutan rantai makanan.
- Kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas
Gunakan rubrik "Penjelasan Gambar Interaksi Makhluk Hidup" untuk mengukur tingkat
ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa mencermati gambar yang disajikan pada buku siswa
- Siswa menyebutkan pemahaman-pemahaman awalnya tentang kubus (jumlah sisi, titik sudut, jumlah rusukdsb)
- Siswa mencermati penjelasan dari buku dan guru tentang mencari volume kubus.
- Siswa dengan bantuan guru, mendiskusikan rumus mencari volume kubus dan mengaitkannya dengan satuan kubik yang dipakai dalam volume
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang bilangan perpangkatan tiga
• Pengetahuan siswa tentang volume kubus
• Keterampilan siswa dalam menyimak penjelasan dari buku maupun guru
• Sikap kecermatan siswa dalam mencermati penjelasan
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
- Siswa mengaplikasikan pemahaman dan keterampilannya tentang bilangan perpangkatan tiga dan volume kubus dengan mengerjakan latihan-latihan yang berkaitan dengan konsep tersebut
- Siswa mengolah informasi-informasi yang disediakan dalam latihan soal dan menggunakan pemahaman dan keterampilannya untuk memecahkan soal latihantersebut
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang bilangan perpangkatan tiga
• Pengetahuan siswa tentang volume kubus
• Keterampilan siswa dalam berhitung dan memecahkan soal latihan
• Ketelitian dan kecermatan siswa dalam menyelesaikan soal latihan