CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Friday, April 17, 2015

Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem

Tujuan pembelajaran
  •  Dengan mencermati gambar dan dialog percakapan, siswa menjelaskan cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan cerma
  •  Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu membuat pertanyaan tentang tentang cara mahluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan teliti
  •  Dengan membuat ringkasan siswa mampu menceritakan teks tentang cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan percaya diri
  •  Dengan mengamati dan mencermati gambar, siswa mampu menjelaskan cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dengan mandiri

Dengan mengolah informasi dari teks percakapan, siswa mampu mendeskripsikan
urutan rantai makanan dan jaring-jaring makanan mahluk hidup dalam ekosistem
dengan teliti
• Dengan menyimak penjelasan di buku dan melakukan latihan, siswa mampu menentukan
perpangkatan tiga dengan cermat
• Dengan mencermati penjelasan gambar dan melakukan latihan mandiri, siswa mampu
menentukan volume kubus menggunakan kubus satuan dengan mandiri

Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar:
Buku guru, buku siswa, benda berbentuk balok, dan kartu tanya

Kegiatan Pembelajaran:
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa mencermati 4 gambar yang berbeda yang disajikan di buku siswa
  • Siswa dengan bantuan guru mencoba untuk mengidentifikasi apa saja yang mereka lihat dari gambar dan mencari persamaan dan perbedaan dari keempat gambar tersebut
  • Dengan bantuan guru, siswa menghubungkan keempat gambar tersebut dengan cara makhluk hidu berinteraksi dalam sebuah ekosiste
  •  Guru menstimulus rasa ingin tahu siswa tentang caracara makhluk hidup berinteraksi dengan menggunakan gambar hubungan lebah madu dengan koloninya, kupu-kupu dengan bunga, tanaman anggrek dengan tanaman yang ditempelinya, dan tanaman tali putri

Hasil yang Diharapkan:
• Rasa ingin tahu siswa tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mengamati dan mencermati gambar
• Sikat kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati gambar

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa menggali informasi dari teks bacaan yang disajikan
  • Siswa menggaris bawah informasi penting yang ditemukan di setiap paragraf
  • Dengan bantuan guru, siswa mencari keterkaitan antara informasi bacaan dengan cara cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
  • Dengan bantuan guru, siswa mencoba mencari informasi dari bacaan tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
  • Dengan bantuan guru, siswa melihat kembali gambar-gambar yang disajikan di buku siswa pada awal pembelajaran dan mencoba mengidentifikasi cara makhluk hidup berinteraksi pada tiap gambar berdasarkan informasi dari bacaan

Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mencari informasai dari bacaan
• Ketekunan dan kecermatan siswa dalam membaca informasi


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanya lebih dalam tentang cara-cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem.
  • Berdasarkan informasi yang sudah diperoleh, dengan bantuan guru, siswa bersama dengan kelompoknya mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan topik bahasan dengan menuliskannya di kartu tanya.
  • Setiap kelompok menukarkan pertanyaannya dengan kelompok lain, dan berusaha untuk berdiskusi menjawab pertanyaan dari kelompok lain.
  • Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya, pada bagian ini guru membimbing siswa untuk mencatat hal-hal penting yang mereka dapatkan dari hasil diskusi kelompok lain sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang lebih kaya.

Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara- cara mahkluk hidup berinteraksi dalam ekosistem
• Keterampilan siswa dalam membuat pertanyaan dan berdiskusi mencari penyelesaiannya
• Sikap kerjasama dalam kelompok ketika berdiskusi

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa merangkum pemahamannya tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem dalam bentuk kesimpulan bacaan.
  • Siswa menggunakan keterampilannya dalam menggali informasi untuk mencari ide pokok dari setiap paragraf dalam bacaan dan menuliskannya di kolom yang disediakan.
  • Berdasarkan ide pokok-ide pokok yang sudah dituliskan tersebut, siswa membuat sebuah ringkasan bacaan yang mencakup semua ide pokok dari tiap paragraf.

Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
• Keterampilan siswa dalam mengidentifikasi ide pokok bacaan
• Keterampilan siswa dalam membuat kesimpulan bacaan
• Sikap kemandirian siswa dalam membuat ringkasan

Gunakan rubrik “Ringkasan” dalam mengukur tingkat ketercapaian kompetensi siswa

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa mencermati teks percakapan, dimana dalam percakapan tersebut terdapat informasi tentang urutan rantai makanan dalam sebuah ekosistem.
  • Siswa dengan bantuan guru mengidentifikasikan urutan rantai makanan pada ekosistem yang dibahas pada teks percakapan (guru memberikan penjelasan lebih lanjut tentang rantai makanan).
  • Siswa mencermati kembali gambar-gambar yang disajikan pada awal pembelajaran, siswa mendeskripsikan tiap gambar dan menuliskannya pada kolom keterangan gambar.
  • Pada kolom ketiga, siswa memilih tipe interaksi yang terjadi berdasarkan gambar dengan melingkari salah satu pilihan dari pilihan-pilihan yang diberikan.

• Pada kolom keempat, siswa diminta untuk memberikan contoh interaksi makhluk hidup lain yang memiliki tipe yang sama dengan gambar yang disajikan.
Hasil yang Diharapkan:
  • Pengetahuan siswa tentang cara - cara makhluk hidup berinteraksi dalam sebuah ekosistem
  • Pengetahuan siswa tentang urutan rantai makanan
  • Keterampilan siswa dalam mengidentifikasikan tipe interaksi makhluk hidup dan urutan rantai makanan.
  • Kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas
Gunakan rubrik "Penjelasan Gambar Interaksi Makhluk Hidup" untuk mengukur tingkat
ketercapaian kompetensi siswa

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa mencermati gambar yang disajikan pada buku siswa
  •  Siswa menyebutkan pemahaman-pemahaman awalnya tentang kubus (jumlah sisi, titik sudut, jumlah rusukdsb)
  • Siswa mencermati penjelasan dari buku dan guru tentang mencari volume kubus.
  • Siswa dengan bantuan guru, mendiskusikan rumus mencari volume kubus dan mengaitkannya dengan satuan kubik yang dipakai dalam volume
Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang bilangan perpangkatan tiga
• Pengetahuan siswa tentang volume kubus
• Keterampilan siswa dalam menyimak penjelasan dari buku maupun guru
• Sikap kecermatan siswa dalam mencermati penjelasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
  • Siswa mengaplikasikan pemahaman dan keterampilannya tentang bilangan perpangkatan tiga dan volume kubus dengan mengerjakan latihan-latihan yang berkaitan dengan konsep tersebut
  • Siswa mengolah informasi-informasi yang disediakan dalam latihan soal dan menggunakan pemahaman dan keterampilannya untuk memecahkan soal latihantersebut

Hasil yang Diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang bilangan perpangkatan tiga
• Pengetahuan siswa tentang volume kubus
• Keterampilan siswa dalam berhitung dan memecahkan soal latihan
• Ketelitian dan kecermatan siswa dalam menyelesaikan soal latihan

f
Share
t
g+
Share
?
k
9:08 PM

Belum ada komentar untuk "Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubungan Makhluk Hidup dalam Ekosistem"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ▼  April (12)
      • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Mengguna...
      • kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema manusia dan ...
      • Model-model Pembelajaran IPS smp kelas 07
      • Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubu...
      • RPP smp kelas 8 Mengulas Berbagai Karya Sastra
      • RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Dis...
      • Kegiatan pembelajaran smp kelas 8 tema Pemodelan T...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Tek...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks ...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema pemodelan teks...
      • model pembelajaran smp kelas 8 tema membangun konteks
      • CARA PEMBELAJARAN SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM SD KE...
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger