CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Teks Biografi secara Mandiri

Thursday, April 9, 2015

Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Teks Biografi secara Mandiri

Penyusunan Teks Biografi secara Mandiri
Pada Kegiatan 3 ini guru meminta siswa untuk membuat teks biografi secara mandiri. Teks yang akan dibuat mengacu pada model teks pada Kegiatan 1. Jumlahkalimat di dalam teks yang akan siswa buat antara 16—25 kalimat. Sebelum siswa melakukan tugas tersebut, guru meminta siswa untuk mengerjakan tugas berikut. Tugas 1 Mengidentifikasi Teks BiografiPada Tugas 1 ini guru akan meminta siswa untuk membaca dan memahami teks biografi berikut ini


Susi Susanti: Legenda Bulu tangkis Putri Indonesia dan Dunia
1 Susi Susanti lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 11 Februari 1971. Ia menyukai permainan bulu tangkis sejak duduk di bangku sekolah dasar. Dukungan orang tuanya membuat ia semakin mantap untuk menjadi atlet bulu tangkis. Ia memulai karir bulu tangkis di klub milik pamannya, PB Tunas Tasikmalaya. Setelah berlatih selama tujuh tahun dan memenangi kejuaraan bulu tangkis tingkat junior, ia pindah ke Jakarta pada tahun 1985. Saat itu ia duduk di Kelas 2 sekolah menengah pertama.

2 Di Jakarta Susi tinggal di asrama dan bersekolah di sekolah khusus untuk atlet. Ia berlatih enam hari dalam sepekan, Senin sampai dengan Sabtu, mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00, kemudian disambung lagi pukul 15.00 sampai dengan pukul 19.00. Susi termasuk atlet yang sangat disiplin. Ia selalu mematuhi aturan yang diberikan pelatihnya dan rela berkorban agar cita-citanya menjadi atlet bulu tangkis terkenal tercapai. Pada awal kariernya di tahun 1989, Susi sudah berhasil menjadi juara di Kejuaraan Indonesia Terbuka (Indonesian Open).  Berkat kegigihan dan ketekunannya, Susi berhasil turut serta menyumbangkan  gelar Piala Sudirman pada Tim Indonesia untuk pertama kali dan belum pernah terulang sampai saat ini. Setelah itu, ia pun mulai merajai kompetisi bulu tangkis wanita dunia dengan menjuarai All England sebanyak empat kali (1990, 1991, 1993, 1994) dan menjadi Juara Dunia pada tahun 1993.

3 Puncak karier Susi terjadi pada tahun 1992. Pada saat itu ia menjadi juara tunggal putri cabang bulu tangkis di Olimpiade Barcelona, 1992. Susi menjadi peraih emas pertama bagi Indonesia di ajang Olimpiade. Uniknya, Alan Budikusumayang merupakan pacarnya ketika itu, turut menjadi juara di tunggal putra.Mereka berhasil mengawinkan gelar juara tunggal putra dan putri bulu tangkis pada Olimpiade Barcelona. Media asing menjuluki mereka sebagai “PengantinOlimpiade”, sebuah julukan yang menjadi kenyataan di kemudian hari. Pada Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat, Susi kembali berhasil meraih medali meskipun medali perunggu. Selain itu, Susi turut serta menorehkan prestasi dengan merebut Piala Uber tahun 1994 dan 1996 bersama tim UberIndonesia. Selama kariernya di bulu tangkis, Susi telah meraih puluhan gelar,baik nasional maupun internasional.

4 Pada bulan Mei 2004, International Badminton Federation (sekarang Badminton World Federation) memberikan penghargaan Hall of Fame kepada Susi Susanti. Selain Susi, pemain Indonesia lainnya yang memperoleh penghargaan Hall of Fame antara lain Rudy Hartono Kurniawan, Dick Sudirman, Christian Hadinata,dan Liem Swie King. Susi juga mendapatkan penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari pemerintah Republik Indonesia atas prestasinya mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

5 Saat masih aktif menjadi pemain, Susi selalu berusaha menjadikan dirinya sebagai   contoh yang baik bagi pemain lainnya. Ia sangat disiplin terhadap waktu latihan  ataupun di luar latihan. Kiprah Susi Susanti di dunia bulu tangkis memang luar biasa. Dalam setiap pertandingan, ia selalu menunjukkan sikap yang tenang dan tanpa emosi bahkan pada saat tertinggal jauh perolehan angkanya. Semangatnyayang pantang menyerah selalu berhasil membuat para pendukungnya yakinSusi akan memberikan usaha yang terbaik.

6 Walaupun telah puluhan gelar tingkat internasional ia raih, ada satu sikap yang tidak pernah hilang dari diri Susi Susanti. Ia selalu bersikap rendah hati dan terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Baginya, kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Kekalahan justru memeberi kesempatan untuk memperbaikikemampuan dan menghindarkan dari sikap sombong. Sungguh satu sikapyang patut dicontoh oleh para generasi muda bangsa Indonesia. Kini Susi dan Alan menjalani hari-harinya bersama ketiga putra mereka di rumah nan asri di Kompleks Gading Kirana, Jakarta Utara. Mereka masih rutin bermain bulu tangkis sampai saat ini, minimal dua kali seminggu untuk menjaga kondisi.
  1.  Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan berikut setelah membaca teks biografi “Susi Susanti: Legenda Bulu Tangkis Putri Indonesia dan Dunia” di atas.
  2. Mengapa Susi Susanti dikatakan sebagai legenda bulu tangkis Indonesia?
  3.  Setujukah siswa jika Susi Susanti dikatakan sebagai pahlawan dan penggerak wanita Indonesia? Siswa diminta menyebutkan alasan atas pernyataannya.
  4.  Dapatkan semangat dan perjuangan yang dilakukan Susi Susanti menginspirasi siswa untuk lebih berprestasi? Siswa diminta menjelaskan alasannya secara singkat

2. Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi struktur teks biografi “Susi Susanti: Legenda Bulu Tangkis Putri Indonesia dan Dunia”, kemudian mencari dan menuliskan konjungsi yang digunakan di dalam teks tersebut. Setelah itu, siswa diminta untuk menjelaskan fungsi dan makna konjungsi yang ditemukan itu.

3. Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi kata dan istilah yang tidak dipahami yang ada di dalam teks biografi tersebut. Kemudian, siswa diminta menemukan makna kata dan istilah tersebut di dalam bahasa Indonesia. Untuk menambah pengayaan kosakata siswa, siswa diminta menerangkan makna kata dan istilah berikut!
1) legenda
2) merajai
3) ajang
4) pengantin olimpiade
5) kancah internasional

4. Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang kalimat, siswa diminta membuat kalimat tunggal
    dan majemuk dengan menggunakan kelima kata dan istilah yang ada pada soal nomor 3 di atas.

5. Untuk menambah pengayaan kosakata siswa, guru meminta siswa mencari bentuk antonim
    dan sinonim kata-kata berikut.

f
Share
t
g+
Share
?
k
9:00 AM

Belum ada komentar untuk "Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Teks Biografi secara Mandiri"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ▼  April (12)
      • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Mengguna...
      • kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema manusia dan ...
      • Model-model Pembelajaran IPS smp kelas 07
      • Langkah kegiatan pembelajaran sd kelas 5 tema Hubu...
      • RPP smp kelas 8 Mengulas Berbagai Karya Sastra
      • RPP smp kelas 8 Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Dis...
      • Kegiatan pembelajaran smp kelas 8 tema Pemodelan T...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Penyusunan Tek...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks ...
      • Model pembelajaran smp kelas 8 tema pemodelan teks...
      • model pembelajaran smp kelas 8 tema membangun konteks
      • CARA PEMBELAJARAN SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM SD KE...
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger