Bermain Bolabasket Sederhana
Akhir dari pembelajaran bermain sederhana adalah menerapkan teknik dasar yang
telah dikuasi dalam permainan basket untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan,
dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan,
tanggungjawab, dan kerjasama, dengan pembelajaran sebagai berikut :
- Bermain bolabasket menggunakan setengah lapangan (lihat gambar: 1.68):
- Jumlah pemain adalah 2 lawan 3 dilanjutkan dengan 4 lawan 3 atau 5 lawan4, yakni: (a) 2 pemain penyerang dan 3 pemain bertahan, (b) 4 pemain penyerang dan 3 pemain bertahan, (c) 5 pemain penyerang dan 4 pemain bertahan.
- Lama permainan untuk setiap regu 3-5 menit
- Pemain penyerang berusaha memasukkan bola ke ring basket sebanyakbanyaknya, dan pemain bertahan untuk mencegah penyerang memasukkan bola ke ring basket
- Waktu permainan selesai berganti posisi pemain bertahan menjadi penyerang
- Teknik yang digunakan adalah passing, menggiring, menembak, dan lay-up shoot.
- Untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, tanggung jawab, dan sportifit,
Dalam permainan ini dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan
sesama teman (peer teaching) atau diri sendiri (self assessment), dengan aspek yang
diamati sebagai berikut :
1 Bekerja sama saat bermain
2 Dapat bertanggung jawab
3 Dapat menempati posisi gerak
4 Dapat mengoper bola pada teman
5 Shooting
6 Lay-up shoot
Dengan kriteria sebagai berikut.
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai permainan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai permainan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Format Pengamatan
Petunjuk Penskoran :
Kamu akan memperoleh nilai :
Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 - 24
Baik : apabila memperoleh skor 11 - 15
Cukup : apabila memperoleh skor 7 - 10
Kurang : apabila memperoleh skor 1 - 6
2. Bermain basket menggunakan satu lapangan dan dibagi dua bidang, bidang A
lapangan untuk tim A dan bidang B lapangan untuk tim B. Untuk menanamkan
nilai sportifitas, kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.
- Tim A menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 orang pemain, begitu juga tim B menempatkan 2 pemainnya di lapangan A.
- Para pemain boleh menggiring, melempar, menembak (shooting), dan lay-up shoot.
- Saat menggiring bola pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati garis tengah.
- Jadi yang berhak melakukan serangan pada lapangan lawan hanya 2 orang pemain
- ) Tim pemenang adalah tim yang mendapatkan/mengumpulkan skor lebih banyak dari lawan main, kriteria penilaian sama dengan permainan pertama.
- Lama permainan 5 – 10 menit.
Penilaian Hasil Belajar
A. Permainan Bola Besar Melalui Permainan Sepakbola
1. Penilaian Spiritual dan Sosial (KI- 1 dan KI- 2)
Penilaian aspek spiritual dan sosial dilakukan dengan pengamatan selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Pengamatan dalam proses penilaian dapat kamu lakukan saat melakukan permainan sepakbola. Aspek-aspek yang dinilai meliputi: kerja sama, tanggung jawab, menghargai teman, disiplin, toleransi. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan pembelajaran, menunjukkan sikap berusaha secara maksimal dalam melakukan pembelajaran. Lakukan pengamatan untuk diri sendiri atau berpasangan, berikan tanda cek (√) untuk setiap perilaku, dengan rentang skor antara 1 sampai dengan 4. (Sangat Baik = 4, Baik = 3, Cukup = 2, Kurang = 1).