CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SMP » Materi dan proses pembelajaran PKn smp kelas 8 tema Menyemai Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara

Saturday, August 22, 2015

Materi dan proses pembelajaran PKn smp kelas 8 tema Menyemai Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara

Menyemai Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara

A. Kompetensi Inti (KI)
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar (KD
  1. Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah, masyarakat, bangsa, dan negara
  2.  Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara kebangsaan
  3.  Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4. Menyaji hasil telaah fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5.  Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional.

C. Mendeskripsikan
  1.  Mendeskripsikan makna kedaulatan rakyat
  2.  Mendeskripsikan fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  3. Mendeskripsikan hubungan antarlembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  4.  Menunjukkan keterampilan mengamati tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  5. Menunjukkan keterampilan menanya tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 194
  6. . Menyusun laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  7. Menyajikan laporan hasil telaah tentang fungsi lembaga-lembaga negara dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  8. Mencoba praktik kewarganegaraan sebagai perwujudan menghargai sistem Pemerintah Indonesia

Materi dan Proses Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
a. Lembaga negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun1945
1) Makna kedaulatan rakyat sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
2) Sistem pemerintahan sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 :
a) MPR
b) DPR
c) DPD
d) Presiden
e) Badan Pemeriksa Keuangan
f) Mahkamah Agung
g) Mahkamah Konstitusi
h) Komisi Yudisial

b. Hubungan Antarlembaga Negara sesuai dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
1) Sistem saling mengawasi dan menyeimbangkan antarlembaga negara
2) Hubungan antarlembaga negara di Indonesia

c. Sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia
1) Sikap positif dalam lingkungan sekolah
2) Sikap positif dalam lingkungan masyarakat
3) Sikap positif dalam lingkungan bangsa dan negara

2. Proses Pembelajaran
Pembelajaran Pertemuan Kesatu (120 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan peserta didik mampu :
a. Menjelaskan pengertian kedaulatan rakyat
b. Menjelaskan macam kedaulatan
c. Menjelaskan sifat kedaulatan
d. Menjelaskan landasan hukum Indonesia berdasarkan kedaulatan rakyat
e. Menjelaskan pembagian kekuasaan dalam negara
f. Menyusun laporan hasil telaah tentang makna kedaulatan rakyat
g. Menyajikan hasil telaah tentang makna kedaulatan rakyat

2. Tujuan Pembelajaran
Materi pokok pertemuan kesatu membahas makna kedaulatan rakyat. Materi pokok ini memiliki alokasi waktu 1 x 120 menit atau satu kali pertemuan. Pendekatan pembelajaran menggunakan discovery learning, metode diskusi dengan model pembelajaran bekerja dalam kelompok . Kegiatan pembelajaran sesuai pendekatan saintifik mulai dari mengamati, menanya, mencari informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.

3) Kegiatan Penutupa. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
  1.  Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperi tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran, apa perubahan sikap yang perlu dilakukan.
  2.  Guru melakukan tes secara tertulis atau lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik.

f
Share
t
g+
Share
?
k
8:19 PM

1 komentar untuk "Materi dan proses pembelajaran PKn smp kelas 8 tema Menyemai Kesadaran Konstitusional dalam Kehidupan Bernegara"

  1. UnknownFebruary 26, 2020 at 8:07 AM

    This is how my buddy Wesley Virgin's biography launches with this SHOCKING and controversial video.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he revealed hidden, "mind control" secrets that the government and others used to get whatever they want.

    As it turns out, these are the same tactics tons of celebrities (notably those who "come out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You probably know that you only use 10% of your brain.

    That's really because the majority of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe this expression has even taken place IN YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind about seven years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a vehicle without a driver's license and $3.20 in his pocket.

    "I'm very fed up with going through life check to check! When will I finally make it?"

    You took part in those types of questions, isn't it right?

    Your own success story is waiting to start. All you have to do is in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S SECRETS

    ReplyDelete
    Replies
      Reply
Add comment
Load more...

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ▼  August (6)
      • Materi cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema B...
      • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Pe...
      • Materi dan proses pembelajaran PKn smp kelas 8 te...
      • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masy...
      • Pembelajaran smp kelas 08 prakarya Bermain Bolaba...
      • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Berg...
    • ►  June (4)
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger