KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Mengamati gambar dan berdiskusi, untuk mencari iklan tentang ekspor impor • Menggali informasi dari teks bacaan dan mengamati iklan tentang ekspor impor
- Mencermati sebuah iklan, dan menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya
- Mencermati iklan dan berdiskusi untuk menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri
- Mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, dan menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
- Mencermati tabel informasi harga, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
- Berlatih menyelesaikan soal cerita, dan memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya
KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN
Sikap:
• Rasa ingin tahu
• Cermat
• Teliti
• Mandiri
• Percaya diri
Pengetahuan:
- Iklan tentang ekspor impor
- Kosa kata dalam iklan dan artinya
- Isi sebuah iklan
- Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
- Strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
- Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan
Keterampilan:
- Mengamati gambar dan berdiskusi
- Menggali informasi dari teks bacaa
- Mencermati iklan dan menuliskan kosa kata baru
- Menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandinga
- Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandinga
- Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya
Subtema 1: Hidup Rukun
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mencari iklan tentang ekspor impor dengan teliti
- Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengamati iklan tentang ekspor impor dengan cermat.
- Dengan mencermati sebuah iklan, siswa mampu menuliskan kosa kata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya dengan mandiri
- Dengan mencermati iklan dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan isi sebuah iklandengan percaya diri.
- Dengan mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, siswa mampu menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cerma
- Dengan mencermati tabel informasi harga, siswa mampu menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan percaya dir
- Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya dengan bertanggung jawab
Media/ alat bantu belajar
Buku, teks bacaan tentang ekspor dan impor, isi sebuah iklan, konsep perbandingan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-Langkah Kegiatan: Mulai kegiatan dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakuka
- Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar
- Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
- Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar. (Kegiatan Mengamati)
Hasil yang diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang kegiatan ekspor dan impor barang
• Sikap teliti dan cermat dalam melakukan pengamatan
• Keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan
Langkah-Langkah Kegiatan:
- Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam). Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
- Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
- Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
- Siswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
- Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yangtersedia di buku siswa. (kegiatan menanya) Hasil yang diharapkan
- Keterampilan dalam bertanya
- Sikap rasa ingin tahu dan percaya diri dalam bertanyaLangkah-Langkah Kegiatan
- Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
- Siswa diberi stimulus rasa ingin tahu dengan menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu Negara melakukan kegiatan ekspor dan impor?
- Siswa mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti
- Siswa menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara.
- Siswa mengisi tabel di buku siswa.
Hasil yang diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang manfaat kegiatan ekspor impor
• Keterampilan siswa dalam mencari informasi
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari informasi