CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » RPP SD KELAS 5Subtema 1: Hidup Rukun

Tuesday, June 2, 2015

RPP SD KELAS 5Subtema 1: Hidup Rukun

KEGIATAN PEMBELAJARAN
  •  Mengamati gambar dan berdiskusi, untuk mencari iklan tentang ekspor impor • Menggali informasi dari teks bacaan dan mengamati iklan tentang ekspor impor
  •  Mencermati sebuah iklan, dan menuliskan kosakata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya
  • Mencermati iklan dan berdiskusi untuk menjelaskan isi sebuah iklan dengan percaya diri
  • Mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, dan menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  • Mencermati tabel informasi harga, dan menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  • Berlatih menyelesaikan soal cerita, dan memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya

KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN
Sikap:
• Rasa ingin tahu
• Cermat
• Teliti
• Mandiri
• Percaya diri

Pengetahuan:
  • Iklan tentang ekspor impor
  • Kosa kata dalam iklan dan artinya
  • Isi sebuah iklan
  • Model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  • Strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan
  •  Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan

Keterampilan:
  • Mengamati gambar dan berdiskusi
  • Menggali informasi dari teks bacaa
  •  Mencermati iklan dan menuliskan kosa kata baru
  • Menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandinga
  •  Menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandinga
  •  Memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya

Subtema 1: Hidup Rukun

TUJUAN PEMBELAJARAN
  •  Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mencari iklan tentang ekspor impor dengan teliti
  •  Dengan menggali informasi dari teks bacaan siswa dapat mengamati iklan tentang ekspor impor dengan cermat.
  • Dengan mencermati sebuah iklan, siswa mampu menuliskan kosa kata baru yang digunakan dalam iklan dan mendefinisikan artinya dengan mandiri
  •  Dengan mencermati iklan dan berdiskusi siswa dapat menjelaskan isi sebuah iklandengan percaya diri.
  • Dengan mengolah informasi dari sebuah cerita kontekstual, siswa mampu menjelaskan tentang perbandingan dan menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan dengan cerma
  •  Dengan mencermati tabel informasi harga, siswa mampu menerapkan strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan   dengan percaya dir
  •  Dengan berlatih menyelesaikan soal cerita, siswa mampu memecahkan masalah sederhana yang melibatkan perbandingan dan memeriksa kebenaran jawabannya dengan bertanggung jawab

Media/ alat bantu belajar
Buku, teks bacaan tentang ekspor dan impor, isi sebuah iklan, konsep perbandingan
 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Langkah-Langkah Kegiatan: Mulai kegiatan dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakuka
  • Siswa mengamati kegiatan yang terdapat pada gambar
  •  Siswa mencermati gambar dan tulisan yang terdapat pada kardus dalam gambar.
  • Siswa mencatat semua informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar. (Kegiatan Mengamati)

Hasil yang diharapkan:

• Pengetahuan siswa tentang kegiatan ekspor dan impor barang
• Sikap teliti dan cermat dalam melakukan pengamatan
• Keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan
 
Langkah-Langkah Kegiatan:
  • Siswa memperhatikan telepon genggam yang ditunjukkan guru dan gambar telepon genggam pada buku siswa. (Guru dapat membawa beberapa contoh gambar telepon genggam). Siswa mengamati telepon genggam atau gambar telepon genggam.
  • Siswa menyebutkan hal-hal yang diketahui tentang telepon genggam.
  • Siswa menuliskan pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal yang ingin mereka ketahui berdasarkan hasil pengamatan mereka pada tabel.
  • Siswa membuat pertanyaan menggunakan kalimat tanya yang tepat.
  • Siswa menulis pertanyaannnya dalam kolom yangtersedia di buku siswa. (kegiatan menanya) Hasil yang diharapkan
  •  Keterampilan dalam bertanya
  • Sikap rasa ingin tahu dan percaya diri dalam bertanyaLangkah-Langkah Kegiatan
  •  Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
  • Siswa diberi stimulus rasa ingin tahu dengan menjawab pertanyaan-pertanyan pancingan seperti: Apa arti ekspor dan impor? Mengapa suatu Negara melakukan kegiatan ekspor dan impor?
  • Siswa mencari informasi-informasi penting yang mereka dapatkan dari teks bacaan secara cermat dan teliti
  •  Siswa menggali informasi tentang manfaat ekspor dan impor dalam suatu negara.
  •  Siswa mengisi tabel di buku siswa.

Hasil yang diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang manfaat kegiatan ekspor impor
• Keterampilan siswa dalam mencari informasi
• Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mencari informasi
f
Share
t
g+
Share
?
k
9:13 PM

Belum ada komentar untuk "RPP SD KELAS 5Subtema 1: Hidup Rukun"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ▼  June (4)
      • RPP SD KELAS II SUBTEMA 1 Hewan di Sekitarku
      • RPP SD KELAS 5 Subtema 1: 2 Hidup Rukun Pembelajar...
      • RPP SD KELAS 5Subtema 1: Hidup Rukun
      • RPP SD kelas 5 Subtema Kerajaan Islam di Indonesia
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger