CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » RPP SD kelas 5 Subtema Kerajaan Islam di Indonesia

Tuesday, June 2, 2015

RPP SD kelas 5 Subtema Kerajaan Islam di Indonesia

Subtema 1:
Kerajaan Islam di Indonesia
Tujuan Pembelajara
  • Dengan membaca teks bacaan, siswa menyimak cerita narasi sejarah tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti
  • Dengan membaca teks bacaan, siswa berlatih membaca cepat teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan percaya diri
  • Dengan mengamati dan menggambar berbagai macam sudut, siswa mengidentifikasikan jenis sudut dengan cermat
  • Dengan melakukan percobaan sederhana, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis dengan rasa ingin tahu
  • Dengan berdiskusi kelompok dan mencari informasi, siswa mampu mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana dengan tekun

Langkah-Langkah Pembelajaran:
  • Siswa membaca teks bacaan yang berjudul Masjid Agung Demak
  •  Siswa mencermati bacaan dan menggarisbawahi informasi–informasi penting dari bacaa
  •  Siswa menggali informasi dari bacaan mengenai nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti
  • Dengan bimbingan guru, siswa membaca cepat teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Isla
  •  Guru membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dengan memberikan penjelasan dan berdiskusi
  • Siswa mengamati gambar masjid Demak dengan cermat (guru memberikan bimbingan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti: Bentuk apa saja yang kamu bisa temukan pada gambar Masjid Demak? Coba sebutkan macam-macam bentuk yang kamu bisa lihat! Apa yang membedakan bentuk-bentuk tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini digunakan sebagai jembatan untuk memadukan kegiatan membaca dengan kegiatan selanjutnya (Kegiatan Mengamati)

Hasil yang diharapkan
  •  Pengetahuan siswa tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesi
  •  Keterampilan siswa dalam membaca cepa
  •  Kecermatan siswa dalam menggali informasi dari bacaan dan kepercayaan diri siswa ketika membaca cepat

Langkah-Langkah Pembelajara
  •  Siswa mencermati bacaan dan mengidentifikasikan kata-kata sulit yang belum dipahami
  • Siswa menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam kolom yang disediakan dan mencoba mencari arti
  • Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan gurunya (Kegiatan Menanya)
  •  Siswa berlatih menggunakan kamus untuk menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka temuka
  •  Dengan mengartikan kata-kata sulit dari bacaan, siswa diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
  • Siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca
  •  Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia

Hasil yang diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
• Keterampilan siswa dalam mencari arti kata
• Kecermatan siswa dalam mengolah informasi dari bacaan dan menyajikannya
   dalam bentuk kesimpulan

Gunakan Rubrik “Membuat Kesimpulan “ untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Pembelajaran:
  •  Siswa mencermati gambar peta dan informasi yang disajikan
  • Siswa menelusuri lokasi pada peta untuk setiap informasi yang disajikan
  • Siswa membaca informasi-informasi tentang kerajaan-kerajaan Islam Indonesia dan menggarisbawahi hal-hal yang penting
  • Dengan bimbingan guru, siswa mencari informasi lebih tentang kerajaan-kerajaan tersebut dari berbagai sumber yang berbeda dan mendiskusikannya dengan teman (KegiatanMencari Informasi)

Gunakan Rubrik “Membuat Kesimpulan “ untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Pembelajaran
  •  Siswa mencermati gambar peta dan informasi yang disajikan
  • Siswa menelusuri lokasi pada peta untuk setiap informasi yang disajikan
  • Siswa membaca informasi-informasi tentang kerajaan-kerajaan Islam Indonesia dan  menggarisbawahi hal-hal yang penting
  • Dengan bimbingan guru, siswa mencari informasi lebih tentang kerajaan-kerajaan tersebut dari berbagai sumber yang berbeda dan mendiskusikannya dengan teman (Kegiatan Mencari Informasi
  •  Keterampilan siswa dalam mencari informasi
  • Kecermatan dan ketekunan siswa dalam menggali informasi dari bacaan dan mencari informasi dari sumber lain.
    .
f
Share
t
g+
Share
?
k
8:59 PM

Belum ada komentar untuk "RPP SD kelas 5 Subtema Kerajaan Islam di Indonesia"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ▼  June (4)
      • RPP SD KELAS II SUBTEMA 1 Hewan di Sekitarku
      • RPP SD KELAS 5 Subtema 1: 2 Hidup Rukun Pembelajar...
      • RPP SD KELAS 5Subtema 1: Hidup Rukun
      • RPP SD kelas 5 Subtema Kerajaan Islam di Indonesia
    • ►  May (3)
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger