Subtema 1:
Kerajaan Islam di Indonesia
Tujuan Pembelajara
- Dengan membaca teks bacaan, siswa menyimak cerita narasi sejarah tentang nilainilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti
- Dengan membaca teks bacaan, siswa berlatih membaca cepat teks narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam di Indonesia dengan percaya diri
- Dengan mengamati dan menggambar berbagai macam sudut, siswa mengidentifikasikan jenis sudut dengan cermat
- Dengan melakukan percobaan sederhana, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri benda yang bersifat magnetis dan tidak magnetis dengan rasa ingin tahu
- Dengan berdiskusi kelompok dan mencari informasi, siswa mampu mengumpulkan informasi mengenai cara membuat elektromagnet sederhana dengan tekun
Langkah-Langkah Pembelajaran:
- Siswa membaca teks bacaan yang berjudul Masjid Agung Demak
- Siswa mencermati bacaan dan menggarisbawahi informasi–informasi penting dari bacaa
- Siswa menggali informasi dari bacaan mengenai nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia dengan teliti
- Dengan bimbingan guru, siswa membaca cepat teks cerita narasi sejarah tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Isla
- Guru membantu siswa untuk mendapatkan pemahaman lebih dengan memberikan penjelasan dan berdiskusi
- Siswa mengamati gambar masjid Demak dengan cermat (guru memberikan bimbingan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan pancingan seperti: Bentuk apa saja yang kamu bisa temukan pada gambar Masjid Demak? Coba sebutkan macam-macam bentuk yang kamu bisa lihat! Apa yang membedakan bentuk-bentuk tersebut? Pertanyaan-pertanyaan ini digunakan sebagai jembatan untuk memadukan kegiatan membaca dengan kegiatan selanjutnya (Kegiatan Mengamati)
Hasil yang diharapkan
- Pengetahuan siswa tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesi
- Keterampilan siswa dalam membaca cepa
- Kecermatan siswa dalam menggali informasi dari bacaan dan kepercayaan diri siswa ketika membaca cepat
Langkah-Langkah Pembelajara
- Siswa mencermati bacaan dan mengidentifikasikan kata-kata sulit yang belum dipahami
- Siswa menuliskan kata-kata sulit dari bacaan kedalam kolom yang disediakan dan mencoba mencari arti
- Siswa berdiskusi dengan teman sebangkunya atau menanyakan arti dari kata-kata sulit yang ditemukan kepada teman dan gurunya (Kegiatan Menanya)
- Siswa berlatih menggunakan kamus untuk menemukan arti dari kata –kata sulit yang mereka temuka
- Dengan mengartikan kata-kata sulit dari bacaan, siswa diharapkan lebih bisa memahami isi bacaan dan mampu menuangkan pemahaman tersebut dalam bentuk kesimpulan
- Siswa membuat kesimpulan dari bacaan yang dibaca
- Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
Hasil yang diharapkan:
• Pengetahuan siswa tentang nilai-nilai perkembangan kerajaan Islam Indonesia
• Keterampilan siswa dalam mencari arti kata
• Kecermatan siswa dalam mengolah informasi dari bacaan dan menyajikannya
dalam bentuk kesimpulan
Gunakan Rubrik “Membuat Kesimpulan “ untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Pembelajaran:
- Siswa mencermati gambar peta dan informasi yang disajikan
- Siswa menelusuri lokasi pada peta untuk setiap informasi yang disajikan
- Siswa membaca informasi-informasi tentang kerajaan-kerajaan Islam Indonesia dan menggarisbawahi hal-hal yang penting
- Dengan bimbingan guru, siswa mencari informasi lebih tentang kerajaan-kerajaan tersebut dari berbagai sumber yang berbeda dan mendiskusikannya dengan teman (KegiatanMencari Informasi)
Gunakan Rubrik “Membuat Kesimpulan “ untuk mengukur ketercapaian kompetensi siswa
Langkah-Langkah Pembelajaran
- Siswa mencermati gambar peta dan informasi yang disajikan
- Siswa menelusuri lokasi pada peta untuk setiap informasi yang disajikan
- Siswa membaca informasi-informasi tentang kerajaan-kerajaan Islam Indonesia dan menggarisbawahi hal-hal yang penting
- Dengan bimbingan guru, siswa mencari informasi lebih tentang kerajaan-kerajaan tersebut dari berbagai sumber yang berbeda dan mendiskusikannya dengan teman (Kegiatan Mencari Informasi
- Keterampilan siswa dalam mencari informasi
- Kecermatan dan ketekunan siswa dalam menggali informasi dari bacaan dan mencari informasi dari sumber lain.
.