CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH

  • Home
  • About
  • SD
  • SMP
  • SMA
  • SMK
Home » SD » Rpp kelas 5 subtema wujud benda dan cirinya

Friday, May 22, 2015

Rpp kelas 5 subtema wujud benda dan cirinya

TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti.
  • Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahanperubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat.
  • Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti.
  •  Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti.
  •  Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

Media/ Alat Bantu Belajar
Buku, teks bacaan perubahan wujud benda, dan gambar tentang perilaku yang tidak
selaras dengan lingkungan

Langkah-Langkah Pembelajaran 
  • Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
  • Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai
  • Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat .
  • Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar
  • Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa

Catatan:
  1. Eksplorasi : ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
  2. Pengumpulan Data: ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadisebuah informasi yang berguna melalui konsep pelaporan tertulis.
  3.  Komunikasi :Fasilitasi sebuah diskusi kelas di mana siswa mengomunikasikan hasil pencariannya.
Pada kegiatan EKSPLORASI: siswa mengamati dan mengidentifikasi perubahanperubahan yang terjadi di alam yang memiliki dampak bagi kehidupan manusia.
- Siswa menyajikan hasil pengamatan dan identifikasinya ke dalam tabel.
- Guru mengkonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

Catatan :
  • Berikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan, terutama bagi tumbuh dan berkembangnya keterampilan mengamati.
  • Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif penilaian , dengan melihat ketepatan jawaban siswa.
  • Guru memberikan penilaian jawaban siswa pada rubrik RUBRIK MENGAMATI GAMBAR.

Hasil yang diharapkan :
• Siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungan yang dipengaruhi oleh aktivitas manusia.
• Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.


Langkah-Langkah Pembelajaran :
• Pada kegiatan: AYO, MEMBACA: siswa membaca bacaan berjudul Aneh, Kenapa Bisa Begitu?

Alternatif kegiatan membaca:
1. Alternatif 1:
Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa
diminta membaca dalam hati.
2. Alternatif 2:
Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan\
bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Alternatif
Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan :
• Siswa gemar membaca.
• Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan
• Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui contoh-contoh perubahan wujud benda.

Langkah-Langkah Pembelajaran :
  • Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan.
  • Setelah membaca dan memahami kosakatakosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
Alternatif jawaban:
1. - Kosakata baku adalah kosakata yang sesuai dengan yang disempurnakan dan kaidah
      kebahasaan Indonesia
- Kosakata tidak baku adalah kosakata yang tidak sesuai dengan ejaan yang disempurnakan
     dan kaidah kebahasaan Indonesia.
2. Perubahan wujud benda pada bacaan: Penguapan, pencairan

Hasil yang diharapkan :
• Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.
• Siswa menunjukkan kosakata baku dan kosakata tidak baku.
• Siswa menemukan contoh-contoh perubahan wujud.

Langkah-Langkah Pembelajaran :
• Pada kegiatan: AYO, BERDISKUSI: siswa membentuk kelompok diskusi untuk mengamati dan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi:
  1. Guru menciptakan suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
  2. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih para petugas diskusi, seperti pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara anak-anak yang lain bertindak sebagai peserta diskusi.
  3. Pembawa acara bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa acara juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta
  4.  Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi saat diskusi berlangsung, seperti pendapat-pendapat yang disampaikan oleh peserta diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi
  5.  Setiap peserta diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara
  6.  Setelah siswa memberikan pendapatnya, guru mengkonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
  7.  Masing-masing siswa menulis jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi
Hasil yang diharapkan 
  • Siswa memiliki keterampilan mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar.
  • Siswa menyebutkan perubahan-perubahan alam yang terjadi di lingkungan sekitar
  • Siswa memiliki kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
  • Siswa menerapkan kerja sama dan berani mengungkapkan pendapat dalam diskusi
f
Share
t
g+
Share
?
k
8:15 PM

Belum ada komentar untuk "Rpp kelas 5 subtema wujud benda dan cirinya"

Post a Comment

Newer Post Older Post Home
Subscribe to: Post Comments (Atom)
Find Us :

Entri Populer

  • Mengenal Alat dan Bahan Menggambar serta Mencampur Warna,sd kelas satu
    Mengenal Alat dan Bahan Menggambar   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar siswa mampu mengidentifikasi macam-macam alat dan bahan...
  • Rpp SD kelas 4 Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi?
    Subtema 1: Makananku Sehat dan Bergizi Tujuan Pembelajaran Setelah mengingat kembali tentang konsep gizi seimbang yang telah diberikan di ...
  • Model pembelajaran smp kelas 8 tema Memahami Teks Biografi
    Pemodelan Teks Biografi Pada Kegiatan 1 ini guru mengajak siswa untuk mempelajari teks biografi tentang Ki Hajar Dewantara. Guru menjelaska...
  • Materi Pembelajaran Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola smp kelas 7
    Materi Pembelajaran A. Permainan Bola Besar Menggunakan Permainan Sepak Bola 1. Pengertian dan Asal-Usul Sepak Bola Sepak bola adalah suatu ...
  • RPP smp kelas 8 PKn tema Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
    Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya  ...
  • Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning) smp kelas 07
    Sebagai strategi belajar, Discovery Learning mempunyai prinsip yang sama dengan inkuiri (inquiry) dan Problem Solving. Tidak ada perbedaan y...
  • Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) SMP kelas o7 prakarya
    Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah pendekatan pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta didik...
  • subtema Mengenal Jenis-Jenis Bacaan ,sd kelas 1
    Mengenal Jenis-Jenis Bacaan   Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar atau benda nyata di sekitar, siswa mampu mengidentifikasi mini...
  • Cara pembelajaran PPKn smp kelas 8 tema Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia
    Pemuda Penentu Masa Depan Indonesia A. Kompetensi Inti (KI) Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.  Menghargai dan mengha...
  • Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga
    Mengamati, Membaca, dan Menulis yang Berkaitan dengan Olahraga Tujuan Pembelajaran: • Dengan mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan ma...

Label

  • SD
  • SMP

Mengenai Saya

k
View my complete profile
Powered by Blogger.

Arsip Blog

  • ▼  2015 (32)
    • ►  August (6)
    • ►  June (4)
    • ▼  May (3)
      • Kegiatan pembelajaran 3 tema wujud benda dan cirin...
      • Kegiatan pembelajaran 3 kelas 5 sd tema wujud bend...
      • Rpp kelas 5 subtema wujud benda dan cirinya
    • ►  April (12)
    • ►  March (7)
  • ►  2014 (44)
    • ►  September (5)
    • ►  April (39)
Copyright 2013 CARA PEMBELAJARAN SEKOLAH - All Rights Reserved
Template by Evotemplates.Net - Powered by Blogger